alexametrics
25.1C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Gudang Milik KPU Tak Terawat, Kondisinya Seperti Ini

MAYANGAN, Radar Bromo – Barang-barang sisa pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, masih tersimpan di gudang. Namun, gudang KPU yang berlokasi di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, terlihat tidak terawat. Banyak tanaman liar tumbuh di sekitar gudang, sehingga membuat bangunan terkesan tidak tepakai.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengatakan, kondisi gudang KPU sekarang kurang terawat. Namun, barang-barang yang disimpan di dalam gudang tidak bermasalah. “Memang jika dilihat dari luar kesannya tidak terawat, namun isi dalam gudang tetap dalam kondisi baik,” ujarnya.

Menurutnya, gudang itu difungsikan untuk menyimpan sisa logistik pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum. Seperti, kotak dan bilik suara, serta barang bekas lainnya yang tidak dipakai di kantor KPU. “Sisa logistik pemilu masih disimpan di sana. Tidak hanya itu, monitor dan printer yang tak terpakai juga di taruh di sana,” jelasnya.

Katanya, perlakuan teradap barang sisa logistik pemilu sedikit berbeda. Sisa logistik pemilu dimasukkan dalam plastik yang dipastikan aman dan tidak mudah rusak. Pihaknya juga sedang berupaya melakukan penghapusan logistik sisa pemilu.

“Kami sudah ajukan kepada KPU RI untuk melakukan penghapusan sisa logistik pemilu yang masih tersimpan. Juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember, tinggal menunggu surat untuk dikirim ke KPU RI,” ujarnya.

Hudri mengatakan, pengawasan terhadap kondisi gudang dilakukan minimal seminggu sekali untuk memastikan kondisi gudang agar sisa dokumen tetap dalam kondisi baik. “Sampai saat ini (kemarin) masih aman. Jangankan sekarang yang hanya berisi berkas, dulu waktu logistik pemilu berupa alumunium aman,” ujarnya. (ar/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU