alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

10 Titik Ruas Jalan Menuju Akses Wisata Ditambah Rambu

DRINGU, Radar Bromo – Masih banyak wisatawan yang kebingungan saat berkunjung ke Probolinggo. Agar tak banyak wisatawan yang kesasar, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Diporaparbud) menambah rampu penunjuk di 10 titik ruas jalan menuju destinasi wisata. Rambu ini ditujukan untuk mempermudah wisatawan.

Kasi Destinasi Wisata Diporaparbud Kabupaten Probolinggo, Musa mengatakan rambu penunjuk arah dipasang menggunakan anggaran Rp 60 juta. Pemasangan rambu dilakukan pada destinasi wisata yang memilik banyak akses jalan yang kerap membingungkan wisatawan yang akan berkunjung.

“Prioritas pemasangan rambu penunjuk arah dilakukan pada wisata yang memiliki banyak persimpangan, berada pada pelosok desa, dan wisata yang belum memiliki penunjuk arah,” katanya.

Dari hasil pemetaan di lapangan kemudian diputuskan sebanyak 10 titik pemasangan rambu penunjuk arah lokasi wisata. Saat ini dalam proses pemasangan diantaranya adalah Agrowisata Strawberry Sapikerep; Wisata P30 Negeri di Atas Awan Sumber; Pantai Bahak Tongas; Pantai Duta Paiton; Wisata Tirta Ronggojalu; Ranu Segaran Tiris; Ranu Agung Tiris; Kawasan Wisata Andungbiru Tiris; Air Terjun Guyangan Krucil dan Bukit Gligir 99 Tambak Ukir Kotaanyar.

“Pemasangan rambu dilakukan mulai kemarin (Rabu, Red) dan akan selesai seminggu kedepan. Wilayah yang ditambah rambu merupakan kawasan wisata yang diminati pengunjung,” ucapnya.

Menurut Musa, dalam jangka panjang pemasangan rambu diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan. Peningkatan arus kunjungan akan berpengaruh pada peningkatan PAD sektor pariwisata. Tidak hanya itu, banyaknya wisatawan yang datang juga akan meningkatkan pendapatan pelaku usaha yang ada disekitar objek wisata.

“Karena dulu susah diakses, minat wisatawan untuk berkunjung sangat kecil. Berdampak pada pendapatan pelaku usaha yang mayoritas dikelola oleh warga sekitar. Adanya rambu tentu akan lebih mempermudah akses menuju wisata dan pendapatan pun dapat ikut terangkat,” tutur Musa. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Mastrip  

Pohon tumbang inipun cepat dievakuasi, karena berada tak jauh dari kantor Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Sopir Ngantuk, Dua Dump Truk Adu Moncong di Purwosari  

Truk yang disopiri Komarudin tiba-tiba melaju ke jalur berlawanan hingga tertabrak truk lain.

Truk Terguling di Cangkringmalang Beji, Muatan Pupuk Tercecer

Kecelakaan itu memicu kemacetan di jalur pantura.

Para Ahli Pastikan Vaksin yang Digunakan Aman dan Efektif

Keberadaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting

Lantik Pengurus Pusat JMSI, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran JMSI akan semakin melengkapi berbagai entitas kelembagaan pers yang telah lahir sebelumnya.