alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Angin Kencang, Banyak Tiang PLN Roboh usai Tertimpa Pohon

TIRIS,Radar Bromo – Hujan disertai angin yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo, membuat sejumlah tiang milik PLN patah dan roboh, Senin (19/10). Terutama, tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) di Dusun Tancak, Desa Ranuagung, Kecamatan Tiris.

Senin sore, wilayah Kecamatan Tiris, dilanda hujan cukup lebat dan angin kencang. “Ada dua jaringan SUTM yang patah dan miring. Kejadiannya saat hujan melanda di kawasan sana,” ujar Kepala ULP PLN Kraksaan, Hendy Pranata.

Ia menjelaskan, patah dan miringnya tiang jaringan SUTM itu lantaran adanya pohon sengon yang roboh dan menimpa kabel. Karena pohon yang roboh ukurannya cukup besar, akibatnya tiang SUTM tidak kuat. Menyebabkan tiang listrik patah dan ada yang miring.

“Terkena pohon sengon milik warga yang roboh. Jadi memang saat itu angin dan hujannya cukup besar. Saat ini kami sedang melakukan penanganan di lokasi. Untuk tiang yang patah akan kami ganti. Kebetulan asetnya ada,” ujarnya, kemarin.

Sebelumnya, saat hujan deras disertani angin kencang di beberapa wilayah, PLN telah melakukan pemadaman. Namun, beberapa saat kemudian jaringannya kembali menyala. “Seperti Kecamatan Gading, Krucil, dan Tiris, sudah hidup lagi. Hanya listrik yang di wilayah Tancak, itu masih padam. Masih masa perbaikan. Untuk penganan kami akan lakukan secepat mungkin,” janjinya.

Dengan adanya kejadian ini, Hendy berharap, masyarakat dapat mengikhlaskan pohon yang ditanam di dekat jaringan listrik dipangkas ataupun ditebang. Tujuannya, untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya gangguan listrik.

“Masyarakat bisa langsung menghubungi kami kalau memang ada pohon yang kiranya membahayakan. Kami dengan senang hati akan datang untuk memotong maupun memangkas pohon tersebut agar tidak membahayakan,” ujarnya.

Adanya tiang listrik yang miring dan kabelnya menjuntai itu cukup membuat warga waswas. Seperti diungkapkan Saiful Anwar, 27, warga Desa Ranuagung. Ia berharap PLN segera memperbaikinya.

“Kalau listrik sudah mati, alat komunikasi, utamanya jaringan seluler sangat susah. Kami harap tiang yang miring dan patah itu bisa segara diperbaiki. Khawatir mengenai orang yang melintas dan mencelakakan,” ujarnya. (mu/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU