alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Tambah Jam Buka Pasar Ternak Bisa Tingkatkan PAD Pasar Hewan

WONOASIH, Radar Bromo – Penambahan jam buka Pasar Ternak Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, diharapkan bisa meraup PAD lebih besar dibandingkan sebelumnya. Bahkan, peningkatannya diharapkan bisa mencapai 50 persen dibandingkan sebelumnya.

“Seharusnya dengan bertambahnya jam buka Pasar Ternak, maka PAD bisa ditingkatkan lagi. Bahkan, bisa ditargetkan naik 50 persen,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Sibro Malisi, Minggu (18/10).

Namun, Sibro memahami, kini Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertahankan) Kota Probolinggo, belum melakukan penarikan retribusi hanya untuk sehari baru (Kamis).

“Tapi, itupun tetap harus dipastikan lagi apakah memang hari itu tidak ada tarikan retribusi bagi pedagang ternak yang masuk. Jika memang tidak ada retribusi, maka tahun depan target PAD Pasar Ternak juga ada penambahan. Namun, besarannya berapa target di tahun 2021 perlu pembahasan dalam APBD 2021,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, per 1 Oktober, Dispertahankan Kota Probolinggo, menambah jam buka Pasar Ternak Jrebeng Kidul, yang sebelumnya hanya dua kali dalam seminggu, kini menjadi tiga kali. Selain Sabtu dan Selasa, kini tambah Kamis.

Di samping itu, setiap tahun Pasar Ternak Jrebeng Kidul, bisa meraup PAD dari retribusi lebih dari Rp 400 juta. Dengan penambahan hari buka pasar, digarapkan dapat memompa PAD yang lebih besar. (put/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU