alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Wali Kota Habib Hadi Tanam Mangga Pisang di Kemanggis Kademangan

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Setelah dikenal dengan Kebun Bawang Ramah Inflasi (kebari) hingga mengubah salah satu ponpes sebagai pusat budidaya ikan nila, kini Kampung KB Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo menggagas sebuah ikon baru agar semakin menarik dikunjungi masyarakat.

Di bawah arahan Lurah Kademangan Bagus Prasetyo S.STP., C.Ht, tanah terbengkalai seluas 3.000 m2 milik warga bernama Arik Kusumawati yang biasa dijadikan warga sebagai TPS liar disulap menjadi Kebun Mangga Pisang (Kemanggis). Kemanggis inilah yang digadang-gadang sebagai cikal bakal kebun percontohan di Kelurahan Kademangan, dan menjadi penghasil buah mangga varietas baru hasil persilangan mangga arumanis Probolinggo dengan mangga saygon.

Kemarin, simbolis penanaman bibit mangga pisang dilakukan secara bersama-sama oleh Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin S.Pd., M.M., M.HP, dan Wakil Wali Kota Probolinggo, Ir. H. Mochammad Soufis Subri serta Sekda Kota, drg. Ninik Ira Wibawati M.QIH.

Penanaman Mangga Pisang juga diikuti oleh sang peneliti varietas Mangga Pisang dari IP2TP Cukurgondang, Grati, Pasuruan. Di antaranya, Rebin, Choirul dan Karsinah. Kerja bakti sekaligus penanaman mangga pisang di Kemanggis, Kelurahan Kademangan kali ini merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Cinta Lingkungan Kampung KB (Gemcil KKB).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo Sudiman mengaku, telah menyiapkan kurang lebih 3.500 bibit mangga pisang. “Khusus Kademangan ada 250 bibit. Khusus di Kemanggis Kademangan, ada 38 bibit yang ditanam,” ungkap Sudiman.

Ditemui Jawa Pos Radar Bromo, Rebin mengakui mangga Agri Gardina 45 atau dikenal mangga pisang ini merupakan varietas baru ini memiliki beberapa keunggulan. “Antara lain, genjah. Walau sekitar 2 meter, baik di pot maupun ditanam di tanah, 1,5 tahun saja sudah bisa berbunga. Pohon mangga biasa kan berbunga sekitar 3 tahunan dan butuh lahan yang luas.”

Ketika buah sudah masak pohon berwarna kuning, bukan saja rasanya yang manis. Mangga ini bisa langsung dipetik dan disantap seperti layaknya makan buah pisang. “Itulah mengapa kami menyebutnya mangga pisang,” ujar Rebin didampingi peneliti lainnya.

Kebun percontohan Kemanggis Kampung KB yang digagas Lurah Bagus memang bukan tanpa alasan. Dirinya menginisiasi sebuah kebun yang terlokalisir di wilayahnya sebagai wisata edukasi bagi masyarakat. “Biar kita bisa menanam bersama, merawat bersama lalu panen bersama,” ungkap lurah yang juga hypnotherapist ini. (el/adv)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.