alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

FKUB Dipimpin Ali Muhtar, Diingatkan Tidak Jadi Alat Pemerintah

KANIGARAN, Radar Bromo – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Probolinggo berganti. Sabtu (18/7), pengurus baru periode 2020-2025 itu dilantik oleh Wakil Wali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri.

Para pengurus baru ini dipimpin oleh Ali Muhtar, mantan anggota DPRD Kota Probolinggo. Kemarin, mereka dikukuhkan di aula Gereja Paroki Maria Bunda Karmel, Kota Probolinggo. Dalam sambutannya, Subri berpesan agar FKUB tidak terlibat dalam dunia politik.

“Agar FKUB berkualitas, mohon FKUB menjadi forum yang baik, bukan menjadi alat pemerintah. Bagian dari pemerintah iya, tapi jangan menjadi alat pemerintah. Meski pemerintah berhak menggerakkan penyelesaian masalah, jangan membawa FKUB dalam politik. Karena politik itu dimensinya absurd,” ujarnya.

Menurutnya, FKUB seharusnya menjadi alat pemadam kebakaran dalam semua lini. Katanya, FKUB memiliki peran penting dalam memadamkan gejolak sosial di masyarakat. Upaya ini bisa dilakukan melalui tokoh-tokoh agama.

“Masyarakat itu beragama. Karena itu, FKUB punya alat untuk masuk ke bawah. Yaitu, agama untuk mendamaikan masyarakat. Sejauh ini Kota Probolinggo dalam hubungan umat beragama kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Ali Muhtar mengatakan, pelantikan pengurus FKUB ini tidak berkaitan dengan meninggalnya ketua FKUB sebelumnya, Abdul Halim. Pengurus yang baru ini sudah terbentuk sejak Maret 2020. Tapi, pelantikan tertunda karena adanya korona.

Soal pesan wakil wali kota agar FKUB tidak berpolitik, Ali Muhtar sepakat. Menurutnya, FKUB memang seharusnya tidak berpolitik dan memiliki peran dalam meredam permasalahan sosial di masyarakat.

“FKUB dibentuk untuk meredam, seperti yang disampaikan Wawali sebagai pemadam berkaitan hal-hal gesekan di internal agama maupun eksternal agama, maka FKUB yang terlibat. Karena di dalam FKUB adalah tokoh-tokoh agama semua baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu. Jadi, kalau ada persoalan, kami masuk melalui tokoh-tokoh FKUB ini,” jelasnya.

Mengenai program FKUB, Ali mengatakan, masih fokus pada konsolidasi organisasi. “Kami dibatasi waktu tinggal 5 bulan. Lima bulan ini lebih banyak konsolidasi organisasi ke dalam, seperti anjangsana ke tempat-tempat ibadah masing-masing. Agar lebih dikenal dan diketahui,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.