Wali Kota Probolinggo: Pemda Tak Bisa Lockdown

MAYANGAN, Radar Bromo – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menegaskan, tidak ada kebijakan local lockdown oleh pemerintah daerah. Sebab, kebijakan lockdown adalah kebijakan Pemerintah Pusat.

“Pemerintah kota atau pemerintah daerah tidak bisa melakukan lockdown. Yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah membatasi aktivitas yang mengundang massa,” ujarnya saat ditemui sejumlah awak media, Rabu (18/3).

Seperti meliburkan siswa di jenjang pendidikan PAUD sampai SMP atau menunda kegiatan pengumpulan massa. Sebab, saat lockdown dilakukan, itu berarti menutup akses masuk ke daerah atau negara tersebut.

Meskipun siswa diliburkan, Wali Kota mengingatkan masyarakat agar tidak malah pergi berlibur. Meliburkan siswa agar mengurangi interaksi anak-anak dengan dunia luar.

“ASN tidak libur agar kegiatan di kantor pemerintahan tidak lumpuh. Kalau ASN libur, anaknya juga libur, malah diajak berlibur,” ujar Wali Kota.

Di Jawa Timur sudah ada delapan pasien positif korona. Yaitu, di Surabaya dan Malang. Bahkan, satu di antaranya meninggal dunia sebelum hasil tes laboratorium keluar. (put/hn)