alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

KPU Kota Probolinggo Ajukan Hibah Nontahapan Rp 2 Miliar

KANIGARAN, Radar Bromo- Sejauh ini KPU Kota Probolinggo belum secara resmi mengajukan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun, KPU memperkirakan kebutuhan anggarannya akan jauh lebih besar dibanding Pilkada 2018.

Perkiraan ini muncul karena dalam beberapa komponen biaya naik signifikan. “Anggaran Pilkada berikutnya kami masih mengacu pada 2023. Masih proses untuk penghitungan kebutuhan anggarannya. Tetapi, perkiraan lebih tinggi dibandingkan anggaran Pilkada 2018,” ujar Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri, kemarin.

Salah satu komponen yang anggarannya cukup besar honor petugas. Bisa mencapai 80 persen dari total anggaran. “Honor PPK pada 2018 per bulan Rp 1,8 juta. Sekarang sudah Rp 2 juta. Maka estimasi biaya juga bisa lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pada Pilkada 2018, KPU mengajukan anggaran Rp 14 miliar, tapi hanya disetujui Rp 11,8 miliar. Namun, saat itu ada sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) Rp 1 miliar. “Adanya silpa ini karena saat penyusunan proyeksi anggaran diasumsikan akan ada empat calon dari partai politik dan satu independen. Ternyata yang muncul ada tiga calon dari parpol dan satu independen. Meski yang mendaftar untuk calon independen ada dua pasangan,” jelasnya.

Di sisi lain, KPU berencana mengajukan anggaran hibah nontahapan sekitar Rp 2 miliar. Anggaran ini akan digunakan untuk kegiatan KPU, seperti pemutakhiran pemilih serta sosialisasi partisipasi pemilih. “Sekarang masih dalam tahap evaluasi di KPU RI dan Inspektorat KPU RI,” ujar Hudri usai rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPRD Kota Probolinggo, kemarin.

Menurutnya, nontahapan ini tetap penting untuk dianggarkan. Salah satunya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan umum atau pilkada. “Pilkada kemarin (2018) partisipasi 85 persen lebih, sedangkan target nasional 77 persen. Angka partisipasi ini yang perlu terus dipertahankan. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi kepada calon pemilih,” jelasnya. Ia mengaku, telah berkoordinasi dengan pemkot.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Sibro Malisi mengatakan, langkah KPU mengajukan hibah nontahapan saat ini sudah tepat. Mengingat, KUA-PPAS APBD 2021 belum dibahas.

“Kalau dari segi kemampuan anggaran sebenarnya cukup. Kota Probolinggo memiliki APBD Rp 1 triliun lebih dengan defisit Rp 100 miliar. Silpa sekitar Rp 169 miliar. Jika defisit ini ditutup dengan silpa, masih ada sisa anggaran Rp 69 miliar. Bukan tidak mungkin hibah ini tidak disetujui. Namun, yang pasti di sini eksekutornya tetap wali kota,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Lupa Matikan Kompor, Dapur Warga Pilang Dilalap Api

Akibat lupa mematikan kompor, dapur milik Sunarsih, 50, warga Jalan Ijen, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, terbakar, Selasa (27/10) pagi.

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.