alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

SMA-SMK Swasta di Probolinggo Mulai Buka PPDB, Negeri Tunggu Juknis

KANIGARAN,Radar Bromo – Pandemi virus korona berdampak pada semua sektor. Termasuk proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA-SMK. Sejauh ini, belum dipastikan jadwal pelaksanaan serta petunjuk teknis (juknis)-nya.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis PPDB untuk sekolah negeri. Kemarin, rencananya akan ada teleconference untuk membahas tidak hanya PPDB, tapi juga kenaikan kelas dan kelulusan, tapi ditunda,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota-Kabupaten Probolinggo Kresno Herlambang.

Ia memperkirakan, akan ada perbedaan untuk proses PPDB tahun ini. PPDB SMA-SMK 2019 dilakukan pada Juni dan pendaftaran dilakukan secara online. Namun, pelaksanaan tesnya dilakukan di sekolah. Sedangkan, pengumumannya dilakukan kembali secara online. “Kelihatannya ada perbedaan yang mendasar dengan tahun lalu. Tapi, tunggu ya, karena saat ini sedang difinalkan juknisnya di provinsi,” ujarnya.

Namun, sejauh ini sejumlah sekolah swasta telah membuka PPDB secara online. Ketua MKKS SMK Swasta Kota Probolinggo Rieky Afrianto, mengatakan berbeda dengan sekolah negeri, sekolah swasta tidak dibatasi waktu untuk mulai membuka pendaftaran siswa baru. Karenanya, SMK swasta sudah ada yang melaksanakan PPDB. “Swasta tidak ada batasan dalam pelaksanaan PPDB. Jika SMK negeri memang harus menunggu juknis,” ujarnya.

Namun, dengan adanya wabah korona, proses pendaftaran SMK swasta juga dilaksanakan secara online. Para calon peserta didik bisa mendaftar tanpa harus melalui kontak langsung. “Sepenuhnya dilakukan secara online untuk pendaftarannya,” ujarnya. (put/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU