Tak Bisa Sembarangan Potong Pohon di Kota Probolinggo, Ini Alasannya

MAYANGAN, Radar Bromo – Datangnya musim hujan, membuat kondisi pepohonan di pinggir jalan jadi sorotan. Namun, untuk memotong pohon di Kota Probolinggo tak bisa sembarangan.

Sebab, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo menerapkan ketentuan, mengganti bibit setiap ada warga yang melakukan pemotongan pohon. Bibit ini akan ditanam di Hutan Kota yang ada di wilayah Kota Probolinggo oleh DLH.

Kepastian itu disampaikan oleh Neli, kepala Bidang Pertamanan, DLH Kota Probolinggo dalam RDP bersama komisi III, beberapa waktu lalu. “Untuk melakukan pemotongan pohon memang harus mengajukan izin terlebih dahulu ke DLH,” katanya.

“Jika ingin memotong pohon dari bawah, maka wajib untuk memberikan ganti bibit pohon untuk ditanam kembali,” imbuhnya.

Neli menjelaskan, dalam pengajuan izin pemotongan pohon ini wajib dilampirkan pula foto pohon. Serta, alasan dilakukannya pemotongan pohon.

Jika pohon yang dipotong sejak dari batang bawah, maka pemilik pohon harus mengganti dengan bibit pohon. “Ketentuan mengganti bibit ini memang belum ada di perwali, sifatnya adalah kebijakan. Tujuannya, agar menjaga populasi pohon di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Namun, Neli memastikan, dalam proses pemotongan pohon ini tidak dikenakan biaya apapun. Bibit tersebut akan ditanam di hutan Kota Probolinggo maupun ruas jalan yang memerlukan penanaman pohon. (put/mie)