Rehab Pasar Baru Tuntaskan Sisi Selatan Dulu, Butuh Rp 6 M

MAYANGAN, Radar Bromo – Karut-marutnya pembangunan Pasar Baru mendapat sorotan dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Probolinggo. Banggar menyarankan agar Pemkot Probolinggo memfokuskan revitalisasi Pasar Baru di sisi selatan.

Banggar menyarankan agar pembangunan sisi selatan ini diselesaikan pada tahun 2020 dan 2021 dengan anggaran Rp 6 miliar. Tahun ini atau tahun 2020 menggunakan anggaran Rp 2 miliar. Sementara tahun 2021 anggarannya Rp 4 miliar.

“Sesuai kesepakatan antara eksekutif dan Banggar, untuk pembangunan Pasar Baru anggarannya Rp 2 miliar untuk tahun 2020 dan untuk tahun 2021 sebesar Rp 4 miliar,” ujar Fernanda Zulkarnain, wakil ketua DPRD Kota Probolinggo saat membacakan hasil kerja Banggar.

Banggar, menurut Fernanda, meminta agar pembangunan Pasar Baru dituntaskan di sisi selatan. “Saran Banggar agar Pemkot Probolinggo menuntaskan pembangunan Pasar Baru di sektor selatan atau pasar ikan yang sampai saat ini menjadi pokok permasalahan komprehensif,” tambahnya.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin pun tidak mempermasalahkan saran Banggar. “Itu sudah hasil kesepakatan dengan dewan dan dibuat dalam nota kesepakatan. Keputusan itu harus dilakukan. Kami tidak masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Rianto menjelaskan, anggaran Rp 6 miliar itu hanya untuk pembangunan Pasar Baru sisi selatan. Harapannya, pedagang bisa segera masuk ke pasar.

“Sisi selatan segera diperbaiki supaya pedagang yang ada di TPS bisa segera masuk. Sedangkan untuk pasar baru sisi utara kami minta dibangun pada tahun 2022. Tapi dalam kesepakatan itu tidak menyebutkan anggaran untuk Pasar Baru tahun 2022,” terang Agus. (put/hn)