Juri Penganugerahan MBS Kota Probolinggo Rapat Pleno, Jaring Nominasi

TAHAPAN Penganugerahan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) gelaran Disdikbud Kota Probolinggo masuk dalam tahapan sidang pleno tim juri. Dalam sidang pleno ini, tim juri akan menentukan sekolah yang masuk nominasi Penganugerahan MBS.

Sejumlah sekolah yang masuk nominasi akan dikunjungi atau visitasi tim juri pekan depan (21/9). “Hari ini sidang pleno yang dilakukan oleh tim juri MBS. Ada dua tahap. Tahap pertama untuk jenjang SD dan tahap kedua untuk jenjang SMP,” ujar Kasi Kelembagaan dan Sarana Disdikbud Kota Probolinggo Ahmad Basori.

Menurutnya, proses penilaian dokume telah selesai. Dalam rapat pleno kemarin, tim juri akan memutuskan sekolah-sekolah yang akan masuk nominasi untuk mengikuti kegiatan visitasi. “Tingkat SD ada 86 lembaga yang menjadi peserta, baik swasta negeri. Akan dipilih 15 nominasi. Nominasi ini yang akan dikunjungi tim,” ujar Basori.

Dari 15 nominasi itu, akan terpilih 6 sekolah terbaik. Meliputi juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. Sedangkan, sidang pleno tingkat SMP dari 25 sekolah yang mengumpulkan dokumen penilaian, tim juri akan mengambil 9 nominasi.

Sama dengan tingkat SD, juga akan dipilih 6 sekolah terbaik. Mereka akan dikategorikan sebagai juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. “Ada empat tim yang akan turun untuk melakukan visitasi dengan tugas penilaian yang berbeda-beda,” jelas Basori.

Tim itu ada yang bertugas melakukan penilaian terhadap rencana kegiatan dan anggaran sekolah, penilaian kurikulum sekolah, penilaian silabus dan RPP, serta penilaian terhadap metode pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Karena masa pandemi, MBS kali ini berfokus pada mutu di masa pandemi Covid-19. (put/adv)