alexametrics
28.1 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Positif Korona tanpa Gejala di Probolinggo, Bisa Isolasi Mandiri  

PROBOLINGGO, Radar BromoPasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Probolinggo, namun tanpa gejala, dipastikan akan dilakukan isolasi mandiri. Bagi pasien dengan gejala berat tetap akan diisolasi di RSUD dr. Mohamad Saleh.

Perkembangan perawatan pasien korona ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo Abraar HS Kuddah pada rilis video conference Rabu (15/7) sore.

“Keputusan Permenkes dan sudah disetujui Gugus Tugas Pusat. Dan sudah dibuat buku panduan oleh tim dokter ahli, bahwa pasien terkonfirmasi positif yang tanpa gejala atau gejala ringan diarahkan untuk isolasi mandiri,” ujarnya.

Yang dimaksud isolasi mandiri, kata Abraar, masyarakat diajak cerdas dalam menyikapi kasus Covid-19. Terlebih, sudah sepakat berdamai dengan korona. “Isolasi kembali ke masyarakat. Kalau sadar dengan protap kesehatan menggunkan masker, cuci tangan, dan hal-hal protokol kesehatan, diharapkan isolasi mandiri pasien lebih tenang dan senang. Tidak terisolasi oleh masyarakat. Dengan ini diharapkan akan meningkatkan imunitas tubuh,” jelasnya.

Bagi pasien terkonfirmasi positif dengan gejala berat, tetap harus mendapat perawatan di RSUD dr. Mohamad Saleh. “Menyikapi pasien dengan kondisi sedang dan berat, kami terus menambah fasilitas agar bisa melayani masyarakat,” ujar Abraar.

Disinggung mengenai pengawasan pasien isolasi mandiri, Plt Direktur RSUD dr. Mohamad Saleh ini mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan gugus tugas kuratif, tracing, serta bersama melibatkan tiga pilar untuk pengawasan. “Kami juga mengaktifkan kampung tangguh-kampung tangguh yang sudah dibentuk,” ujarnya.

Penjelasan lebih teknis diungkapkan Plt Kepala Dinkes Kota Probolinggo N.H. Hidayati. “Saat ini kasus konfirmasi positif yang tidak bergejala, bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-maisng. Isolasi minimal 10 hari. Jika ada penyerta sakit ringan atau sedang, isolasi mandiri sejak muncul gejala,” jelasnya.

Jika ada gejala sakit ringan, pasien akan mendapat obat sesuai gejalanya. Jika mengalami sakit dengan gejala berat, akan diisolasi di rumah sakit rujukan.

“Yang konfirmasi positif dan tanpa gejala, yang mengawasi dari tenaga kesehatan. Pasien dipantau melalui telepon dari puskesmas. Serta, dilakukan edukasi yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama isolasi mandiri,” jelasnya. (put/rud)

 

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Progres Perbaikan Alun-alun Kraksaan Sisakan Bagian Timur

Dinas Perkim Kabupaten Probolinggo optimistis dapat menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan, bahkan sebelum tenggat waktu.

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.