Radar Bromo

Tujuh Sekolah Negeri di Kota Probolinggo Dipimpin Plt

MAYANGAN, Radar Bromo – Tujuh sekolah negeri di Kota Probolinggo dipimpin oleh pelaksanan tugas (Plt) kepala sekolah. Karenanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo melakukan seleksi calon kepala sekolah.

Di Kota Probolinggo, terdapat 75 SD negeri dan 10 SMP negeri. Terkait sekolah mana saja yang kini dijabat Plt, Kepala Disdikbud Kota Probolinggo Moch. Maskur mengaku lupa. “Memang ada tujuh sekolah yang dijabat Plt. Tetapi, sekolah mana saja, saya lupa,” ujarnya, kemarin.

Mengantisipasi kurangnya kepala sekolah ini, tahun ini Disdikbud mendapatkan 50 kuota guru yang bisa mengikuti bimbingan teknis dari Pemerintah Pusat, sehingga mereka bisa mengikuti seleksi kepala sekolah. “Tahun ini ada 50 orang guru yang mengikuti seleksi kepala sekolah. Akhirnya, tinggal 30 orang yang terdiri atas 22 orang calon kepala SD dan 8 orang calon kepala SMP,” ujarnya.

Disdikbud tidak melakukan proses seleksi kepala sekolah sendiri. Dalam prosesnya juga melibatkan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Guru harus mengantongi sertifikat dari LP2KS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) di Solo,” terangnya.

Guru yang ikut serta dalam seleksi kepala sekolah harus memenuhi sejumlah persyaratan. Baik administratif, substantif, serta mengikuti bimbingan teknis. “Bimbingan teknis ini yang melibatkan LP2KS,” ujar Maskur. (put/rud)

Exit mobile version