Pohon Tumbang di Pantura, Perangkat Desa Sumurmati Terseret Arus

SUMBERASIH, Radar Bromo – Hujan deras Selasa (14/1) malam membuat sebuah pohon tumbang di tepi jalan raya masuk Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Surabaya-Banyuwangi atau sebaliknya macet.

Selain itu, imbas hujan deras, sepeda motor Honda Vario milik Iskandar, perangkat Desa Sumurmati, Kecamatan Sumberasih, sempat terseret arus sungai yang meluap. Bahkan, Iskandar nyaris terseret arus sungai. Namun, bisa menyelamatkan diri. Peristiwa itu terjadi Selasa (14/1) pukul 18.30.

Kades Sumurmati Lutfi mengatakan, perangkat desanya selamat. Selasa malam itu, Iskandar dari Pasuruan hendak pulang dengan mengendarai motor. Karena kondisi jalan raya Banjarsari macet, akhirnya dia memilih jalan desa. Nah, saat hendak melintasi sungai Desa Sumendi, aliran sungai sedang deras. Sehingga, motor dan Iskandar pun terseret.

”Alhamdulillah, perangkat Desa Sumurmati tidak sampai terseret. Hanya saja, motornya sempat terseret. Namun, berhasil ditemukan waktu itu juga tidak jauh dari lokasi kejadian,” katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi membenarkan informasi soal perangkat desa yang nyaris terseret arus sungai. Tim TRC BPBD malam itu juga menuju ke lokasi untuk memastikan korban selamat.

”Setelah kami cek ke lokasi, Alhamdulillah perangkat desa yang dimaksud selamat. Motornya juga tidak sampai hilang,” katanya.

Anggit menjelaskan, akibat cuaca ekstrem, hujan deras disertai angin kencang, ada pohon tumbang di jalan raya Banjarsari. Tim TRC pun langsung mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Termasuk, kemarin pagi petugas melanjutkan pemotongan pohon yang tumbang tersebut untuk dibersihkan.

”Saat ada informasi pohon tumbang, petugas kami sudah langsung turun ke lokasi untuk evakuasi. Tadi pagi kami lanjutkan pembersihan, pohon-pohon di tepi jalan raya itu,” katanya. (mas/hn)