Fix, Ujian CPNS Kota Probolinggo Digelar di Jember

PROBOLINGGO – Warga Kota Probolinggo yang ingin segera mendaftar sebaga calon pegawai negeri sipil (CPNS), harus bersabar. Meskipun kuota CPNS Kota Probolinggo sudah diumumkan, namun detail persyaratan belum diumumkan kepada publik.

“Pengumuman persyaratan CPNS akan dilakukan tanggal 19 September. Sekarang masih belum,” ujar Rachmadeta Antariksa, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo.

Meski demikian, sudah dipastikan lokasi tes bagi pendaftar CPNS Kota Probolinggo. Yaitu, di Jember. Kepastian ini disampaikan dalam rapat yang berlangsung di BKN Jatim, Rabu (12/9).

“Ada sejumlah daerah yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan tes sendiri dan memilih bergabung dengan daerah lain. Seperti Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo, akan masuk Bakorwil Jember dan melakukan tes di Jember, ” ujarnya.

Namun, menurut Deta, tidak semua daerah mengajukan tes gabungan. Ada daerah yang mampu menyediakan sarana prasarana, melakukan tes sendiri di daerahnya. “Seperti Lumajang melakukan tes di daerahnya sendiri, ” ujarnya.

Kota Probolinggo sendiri mendapatkan kuota CPNS sebanyak 124 formasi. Jumlah ini jauh lebih kecil daripada yang diajukan oleh BKPSDM Kota Probolinggo, yaitu 444 formasi. (put/hn/mie)