Terperosok saat Mau Putar Balik, Truk Tiner Tutup Jalan Semeru

MACET: Sejumlah petugas Dishub Kota Probolinggo mengatur arus lalu lintas di Jalan Semeru, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, kemarin. Arus lalu lintas di jalan ini sempat tersendat karena ada truk terperosok tanah ambles. (Rizky Putra Dinasti/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KADEMANGAN, Radar Bromo– Arus lalu lintas di Jalan Semeru, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Rabu (15/1) sempat terganggu. Sekitar pukul 06.30, jalan ini tertutup satu unit truk bermuatan 1,418 ton tiner.

Truk yang dikemudikan Jockie, warga Kota Surabaya, itu terperosok ketika hendak putar arah. Jockie mengaku, pagi itu berangkat dari Surabaya untuk mengantarkan tiner ke Toko Sinar Mas di Jalan Semeru, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Namun, sesampai di Jalan Semeru, pihaknya tidak menemukan toko yang dimaksud. Dari informasi sejumlah warga, mereka menyatakan toko yang dicarinya telah pindah sejak setahun lalu.

“Saya tidak punya kontak tokonya. Jadi, saya kirimkan sesuai alamat dari perusahaan. Setelah tiba di lokasi, kata warga sudah pindah tempat setahun lalu. Pindahnya ini saya tidak tahu di mana,” ujar Jockie.

Karenanya, pria 25 tahun ini berniat memutar truknya di lahan yang cukup luas di Jalan Semeru. Namun, karena kondisi tanah becek, roda bagian belakang sisi kiri terperosok. Truknya pun tidak bisa digerakan.

Posisi truk yang memakan separo bagian jalan membuat sejumlah kendaraan besar lainnya tidak bisa melintas. “Rodanya gulung (berputar) terus hingga mengeruk tanah yang becek. Sehingga, truk yang sudah terperosok tidak bisa jalan,” ujarnya.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan sempat padat merayap. Karenanya, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo melakukan rekayasan lalu lintas. Yakni, dengan menutup jalur menuju Jalan Semeru. “Kendaraan yang melintas dari arah Jalan Brantas ke Jalan Semeru, sementara kami alihkan untuk lurus lewat Jalan Prof. Dr. Hamka,” ujar salah seorang petugas Dishub, Soehartono.

Evakuasi truk bernopol N 9545 UV ternyata tidak mudah. Jockie baru bisa melanjutkan perjalannya setelah tiga jam truknya terperosok. (rpd/rud)