Temukan Kerangka Manusia di Bekas Kebakaran Sekitar Pelabuhan Mayangan

DI-POLICE LINE: Polisi melakukan olah TKP di lahan sekitar penemuan kerangka manusia di Pelabuhan Perikanan Mayangan, Senin (14/1). (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN-Warga sekitar Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM) digegerkan dengan penemuan kerangka manusia. Belum diketahui identitas kerangka manusia itu. Diduga, korban meninggal sekitar tiga bulanan.

Kerangka manusia itu ditemukan kali pertama oleh warga yang hendak mencari burung. Adi Muhammad Sutoyo, 36, warga Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo yang tiap harinya berjualan di pelabuhan menjelaskan, kerangka itu ditemukan Senin (14/1) sekitar pukul 10.00 pagi.

Saat itu, Didin bersama Rudi yang juga berjualan di PPM hendak mencari burungnya yang hilang. Burung Perkutut seharga Rp 700 ribu milik Didin diperkirakan lari ke semak semak sekitar pantai.

Nah, saat mencari burung itu, mereka dikejutkan dengan penemuan serpihan tengkorak di sekitar lokasi. Mereka lantas

memberitahukan penemuan kerangka itu kepada Adi Muhamamd Sutoyo. “Saat itu, kondisinya sudah tidak utuh. Atau bisa dibilang antara satu tulang dengan tulang lainya terpisah,” cerita Adi.

Sekitar pukul 16.00 Adi mendatangi lokasi. Ia ingin memastikan apakah tulang yang berserakan tersebut tulang manusia atau bukan.

“Saya dikasih tahu jam 13.00. Karena warung saya yang di dekat kantor kamla tidak ada yang jaga, maka saya datangi ke lokasi sekitar pukul 16.00,” terangnya.

Adi pun sempat mengumpulkan tulang belulang yang berserakan itu. Tulang itu diyakini tulang manusia pada saat ditemukan tengkorak yang persis dengan tengkorak bagaian kepala manusia.

“Saya kumpulkan jadi satu tengkorak yang berserakan itu, Di wilayah ini, ada anjing liar. Kemungkinan tengkorak itu berserakan akibat anjing liar,” terangnya.

Selanjutnya, ia berusaha menghubungi kamladu untuk memberitahukan jika ada serpihan kerangka tengkorak. Setelah dilakukan pengecekan, pihak kamladu melaporkan pada Polsek Mayangan. Malam itu juga Polsek membawa serpihan tengkorak itu ke Kamar Mayat RSUD Moh Saleh Kota Probolinggo.

Nah, Selasa pagi (15/1) anggota ident Reskrim Polres Probolinggo Kota bersama dengan Polsek, anggota kamla dan juga warga yang melapor dan menemukan awal, kembali ke lokasi. Tujuanya, untuk melakukan olah TKP.

Kapolsek Mayangan, Kompol Ahmad Firman Wahyudi membenarkan penemuan kerangka itu. Menurutnya, ia baru mendapatkan laporan jika adapenemuan tulang manusia pada pukul 20.00. Selanjutnya ia langsung mendatangi lokasi dan membawanya ke RSUD. “Kami dapat laporan sekitar pukul 20.00 (14/1) makanya kami datangi lokasi,” terangnya.

Perwira polisi dengan satu melati di pundaknya itu menyebutkan pihaknya masih lakukan penyelidikan. Belum diketahui identitas korban.

Selain itu, hingga kini juga tidak ada laporan tentang orang hilang di Polsek Mayangan. “Sekitar tiga bulan lalu, di lokasi telah terjadi kebakaran. Mengenai laporan orang hilang, hingga kini tidak ada laporan,” bebernya. (rpd/mie)