alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

SMKN 1 Probolinggo Optimalkan Pembelajaran secara Daring, Gelar MPLS

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Peserta didik baru jenjang SMA-SMK negeri maupun swasta di Jawa Timur mulai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Senin (13/7), SMKN 1 Kota Probolinggo ditunjuk mewakili SMK Negeri Kota/Kabupaten Probolinggo dalam pembukaan MPLS yang diselenggarakan Dinas Pendidkan Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, secara virtual zoom.

MPLS Peserta Didik Baru SMA/SMK Provinsi Jawa Timur Tahun 2020/2021 dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh SMA/SMK negeri maupun swasta se-Jawa Timur melalui video conference. Pembukaan MPLS ini sekaligus menandai dimulainya tahun ajaran baru dan proses belajar mengajar jenjang SMA/SMK di tengah pendemi Covid-19.

Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MPLS secara dalam jaringan (daring) dilaksanakan sesuai kebijakan Pemerintah Pusat. Mengingat, Jawa Timur masih dalam zona merah, sekolah belum bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. MPLS harus tetap dilaksanakan, namun dengan cara berbeda. Sebab, harus selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur DR. Ir Wahid Wahyudi, M.T. juga mengatakan, tahun pelajaran 2020/2021 jenjang SMA/SMK negeri maupun swasta dimulai dengan mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh atau sistim daring.

Kepala SMKN 1 Kota Probolinggo Dwi Anggraeni, S.Pd., M.Pd., mengaku bersyukur diberi kesempatan mengikuti pembukaan MPLS dan berdialog langsung dengan Gubernur. ”Di SMKN 1 Probolinggo MPLS dilaksanakan secara daring Streaming YouTube selama 3 hari penuh. Hal ini bertujuan untuk membiasakan pembelajaran bagi siswa kelas X dan memetakan ketersediaan sarana belajar secara daring. Pengenalan lingkungan sekolah juga dilakukan secara virtual yang disajikan oleh OSIS SMEXAPRO SMART,” ujarnya.

Selama pandemi dan belum ada kebijakan diberlakukannya pembelajaran tatap muka, Eni -sapaan Dwi Anggraeni-, mengatakan, memilih dua strategi pembelajaran. Selain daring alias online, juga lakukan secara offline (tatap muka) dengan membagi rombongan belajar dan tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kebetulan, komitmen kami di SMK Negeri 1 Kota Probolinggo, ini untuk pembelajaran daring-nya menggunakan Google Classroom sebagai LMS (Learning System Management). Pembelajaran offline dikhususkan untuk materi pelajaran produktif yang membutuhkan kegiatan praktik langsung,” ujarnya.

Sebelum tahun ajaran dimulai, guru dibekali berbagai strategi pembelajaran dan media interaktif untuk menyajikan materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Probolinggo. Kegiatan yang digelar selama 11 hari secara daring di SMKN 1 Probolinggo, ini diikuti 1.136 guru se-Indonesia.

”Jumlah ini di luar dugaan awal dan menghasilkan karya-karya inovatif guru untuk mempersiapkan generasi emas dimasa pandemik Covid-19,” ujar Eni. (ein/adv)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dorong Penyerapan Anggaran JLU Maksimal

Tidak terserapnya anggaran untuk proyek jalur lingkar utara (JLU) di dalam dana cadangan sepanjang 2020 membuat DPRD Kota Pasuruan angkat bicara.

Bank Indonesia Gulirkan Beasiswa Satu Juta Tiap Bulan

Masing-masing mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun mulai Januari 2021.

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.