Radar Bromo

Di Kota Probolinggo, Bansos Tahap II Bagikan Beras

KANIGARAN, Radar Bromo – Penyaluran bantuan sosial tahap II yang akan dilakukan bulan Juni di Kota Probolinggo, direncanakan hanya mendapat beras. Namun belum dipastikan besaran beras yang akan diterima oleh warga.

“Setelah mendapat masukan dari berbagai pihak, rencananya untuk tahap II bantuan akan dirupakan dalam bentuk beras,” terang Wakil Wali Kota Probolinggo Moch Soufis Subri.

Menurutnya, saat keliling ke kelurahan bersama Wali Kota, banyak yang mengusulkan agar bantuan sosial dirupakan beras saja. Namun, dengan adanya laporan pansus ini, justru memperkuat rencana untuk pemberian bansos dalam bentuk beras.

“Langkah kami sudah on the track. Harapan dari masyarakat seperti itu (dirupakan beras, red). Harapan dari pansus juga sama,” ujarnya.

Menurut Subri, Pansus Covid-19 DPRD Kota Probolinggo menyarankan agar Pemkot Probolinggo memberikan bantuan sosial satu macam saja. Misalnya beras 15 kg atau berupa uang tunai.

Sehingga di tingkat kelurahan tinggal mendistribusikan dan tidak ada proses packing. Hal ini untuk meminimalisir risiko hilang dan faktor keamanan serta mempercepat proses pendistribusian kepada masyarakat.

Sebagai informasi, pada tahap pertama bantuan sembako dirupakan dalam bentuk bentuk beras 10 kg, minyak goreng atau gula dan mie instan. Dengan nilai satu paket sembako sebesar Rp 149.500. Total dalam sekali droping bantuan sosial kepada masyarakat menelan biaya sekitar Rp 3 Miliar. (put/hn)