alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Wulan Kapitu, Bromo Bebas Kendaraan, Pengunjungnya Sepi

SUKAPURA, Radar Bromo – Kaldera wisata Bromo sekitarnya dibebaskan dari kendaraan bermotor sehari, pada Rabu (13/1). Jumlah kunjungan wisatawan yang datang dan tercatat pada Rabu (13/1), sangat sepi. Tidak sampai 100 orang pengunjung yang datang berkunjung tanpa menggunakan kendaraan bermotor.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kawasan Bromo sekitarnya benar-benar benas dari kendaraan bermotor. Tidak ada kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang turun ke kawasan wisata Bromo. Tampak sejumlah pengunjung yang turun ke lautan pasir jalan kaki ataupun menggunakan jasa kuda.

Sarmin selaku Kepala Seksi Wilayah I Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai kesepakatan dan penetapan, awal wulan Kapitu kemarin, sehari semalam dibebaskan dari kendaraan bermotor. Namun, pengunjung wisatawan masih diperbolehkan datang berkunjung ke kawasan wisata Bromo. Hanya saja, dilarang menggunakan kendaraan bermotor.

”Iya, hari ini (kemarin, Red) kaldera kawasan Bromo sekitarnya bebas dari kendaraan bermotor. Tapi, pengunjung boleh datang berkunjung,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Hanya saja, diungkapkan Sarmin, jumlah kunjungan wisatawan yang datang sangat sedikit. Sehari semalam kemarin, tidak sampai 100 orang yang datang berkunjung. Padahal, hari-hari biasa walaupun di tengah pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan masih lebih dari 200 orang.

Aturan bebas kendaraan bermotor itu hanya berlaku tiga hari. Yaitu Rabu kemarin 13 Januari saat Megeng; Mbabar Alit tanggal 29 Januari; dan Mbabar Agung pada 12 Februari. Selama tiga hari itu, kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk ke kaldera tengger atau Bromo dan sekitarnya.

”Untuk besok (hari ini, red) kunjungan wisata Bromo kembali diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor. Nanti akan diberlakukan bebas kendaraan bermotor kembali tanggal 29 Januari dan 12 Februari,” terangnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU