Dua Hari Tak Makan, Tunawisma asal Lumajang Dievakuasi Satpol PP

KADEMANGAN, Radar Bromo – Seorang tunawisma asal Kabupaten Lumajang, Abdul Gofur dievakuasi Satpol PP Kota Probolinggo. Minggu (12/1) malam, Abdul Gofur ditemukan lemas berada di sekitar Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kota Probolinggo Hendra Kusuma mengatakan, evakuasi dilakukan sekitar pukul 21.00. Saat itu Gofur berada di sisi utara pintu keluar bus di Terminal Bayuangga.

“Kami mendapatkan laporan dari warga, bahwa ada seorang tunawisma yang tergeletak dalam kondisi kritis. Dia berada di warung dekat terminal,” ujarnya.

Mendapatkan laporan itu, Satpol PP bergegas datang ke lokasi dan mengevakuasinya. Gofur dibawa ke Puskesmas Ketapang untuk menjalani pemeriksaan medis. “Dari hasil pemeriksaan, diketahui dia dalam kondisi lemas belum makan selama dua hari berturut-turut. Bukan kritis karena sakit,” ujar Hendra.

Karenanya, Gofur langsung diberi makanan agar kesehatannya kembali pulih. Setelah dirasa mendingan, ia dipindah ke shelter Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut. “Kami pantau kondisinya lebih lanjut,” ujarnya.

Hendra mengaku berencana memulangkannya kepada keluarganya agar Gofur lebih mendapatkan perawatan dan perhatian lebih layak dari keluarganya.

“Kami dapat informasi Abdul Gofur ini berasal dari Lumajang. Kami coba berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang untuk memulangkannya agar bisa berkumpul kembali dengan keluarganya,” ujarnya. (ar/rud)