alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Dibuka Lagi, Pasar Sapi Wonoasih Langsung Ramai

WONOASIH, Radar Bromo – Setelah sempat ditutup selama dua bulan karena pandemi korona, Pasar Ternak Jrebeng Kidul di Wonoasih, Kota Probolinggo, kembali dibuka. Pemkot Probolinggo membuka lagi pasar ternak itu sejak Sabtu (4/7) pekan lalu.

Pembukaan ini dipastikan melalui surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertahankan) Kota Probolinggo pada 1 Juli 2020. Surat itu menyebutkan, Pasar Ternak Jrebeng Kidul dibuka kembali pada tanggal 4 Juli 2020.

“Memang betul, Pasar Ternak Jrebeng Kidul sudah dibuka per tanggal 4 Juli 2020. Pembukaan pasar ini dilakukan secara normal. Artinya, dibuka lagi seperti sebelum pandemi terjadi,” terang Kepala Dispertahankan Sudirman.

Dalam satu minggu, menurutnya, pasar ternak itu dibuka dua kali. Yaitu Sabtu dan Minggu. Namun, pedagang yang ke sana tetap diwajibkan menggunakan masker.

Tidak hanya jam buka pasar yang kembali normal. Dispertahankan juga kembali menarik retribusi pasar pada setiap pedagang. “Retribusi juga sudah ditarik kepada pedagang,” ujarnya.

Besaran tarif retribusi pelayanan Pasar Ternak Jrebeng Kidul mengacu pada Perda Nomor 1/2015 tentang Perubahan Ketiga atas Perda Kota Probolinggo Nomor 3/2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Retribusi untuk ternak besar yaitu sapi sebesar Rp 4.000 per ekor per sekali masuk. Dan untuk ternak kecil seperti kambing/domba Rp 1.000 per ekor per sekali masuk.

Selama dibuka, kondisi Pasar Ternak Jrebeng Kidul langsung ramai. Pedagang yang datang banyak. Ternak yang akan dijual jumlahnya juga banyak. Mencapai sekitar 1.300 ekor.

“Sabtu 4 Juli itu sampai 1.300 ekor ternak yang masuk ke pasar untuk diperjualbelikan,” terangnya. (put/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dorong Penyerapan Anggaran JLU Maksimal

Tidak terserapnya anggaran untuk proyek jalur lingkar utara (JLU) di dalam dana cadangan sepanjang 2020 membuat DPRD Kota Pasuruan angkat bicara.

Bank Indonesia Gulirkan Beasiswa Satu Juta Tiap Bulan

Masing-masing mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun mulai Januari 2021.

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.