Perbaikan Jalan Semeru Tunggu Sementara Ditambal Sulam

KADEMANGAN, Radar Bromo– Kerusakan Jalan Semeru, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, semakin parah. Karena proyek perbaikannya baru memasuki tahap lelang, untuk sementara perbaikannya dilakukan dengan cara tambal sulam. Perbaikan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa karena jalan rusak.

Kabid Binamarga Dinas PUPR-Perkim Kota Probolinggo Ahsan Jamaludin mengatakan, perbaikan Jalan Semeru, seyogianya digarap tahun ini. Namun, sejauh ini proyek senilai Rp 2,3 miliar itu baru memasuki tahap lelang. “Saat ini memasuki tahap lelang dengan rencana fisiknya (perbaikannya) sekitar awal April,” ujarnya.

Melihat kondisinya yang semakin parah, Dinas PUPR-Perkim Kota Probolinggo memperbaikinya lebih awal. Kemarin, jalan ini diperbaiki dengan cara tambal sulam. Tujuannya, mengantisipasi timbulnya korban jiwa. “Karena faktor cuaca yang hujan, kondisi jalan semakin parah. Karenanya, kami lakukan tambal sulam, meski kurang maksimal karena saban hari hujan,” ujarnya.

Diperbaikinya jalan ini, mendapat apresiasi dari sejumlah warga. Salah satunya diungkapkan warga Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Rahmad, 30. Namun, pihaknya berharap perbaikan dengan lebih baik segera dilaksanakan.

Menurutnya, sebaiknya tidak hanya Jalan Semeru yang diperbaiki, tetapi sejumlah jalan lain yang rusak juga harus cepat ditangani. “Untung sudah ditambal sulam, tetapi tidak semuanya. Di beberapa titik masih ada yang berlubang. Jika pemerintah akan memperbaikinya tahun ini, bagus. Kami harap tidak hanya jalan ini (Jalan Semeru), tetapi juga jalan yang lain yang berlubang segera direspons,” ujarnya. (rpd/rud/fun)