alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Bertahun-tahun Lantai 2 Pasar Dringu Sepi

DRINGU, Radar Bromo – Selama bertahun-tahun, bangunan lantai 2 Pasar Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, tidak maksimal difungsikan. Bedak-bedak yang ada di lantai 2, hampir tiap hari tutup.

Bahkan, sama sekali tidak ada aktivitas perdagangan di lantai 2. Semua perdagangan terpusat di lantai 1. Hanya aktivitas kantor pasar.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, tangga menuju lantai 2 Pasar Dringu, berada di bagian depan bangunan lantai 1. Posisinya di tengah bangunan.

Kondisi itu cukup strategis. Namun, tangga ke lantai 2 itu terlalu menanjak. Lantainya pun licin. Sehingga, berpotensi membahayakan bagi pengunjung yang akan ke lantai 2. Bahkan, ada beberapa pegawai Pasar Dringu yang jatuh saat melalui tangga ini.

”Sudah ada beberapa pegawai pasar yang jatuh di lantai ini karena licin,” ujar salah satu pegawai Pasar Dringu yang enggan dikorankan namanya.

Masuk ke lantai 2, ada belasan bedak di sana. Namun, tak satu pun bedak buka, Selasa (12/1). Kondisi itu bahkan tidak hanya terjadi kemarin. Namun sudah bertahun-tahun lamanya.

Pedagang enggan berjualan di lantai 2. Sebab, tidak ada pembeli yang naik ke lantai 2.

”Pemilik bedak di lantai 2 menutup bedak-nya karena sepi pengunjung di lantai 2,” ujar Anisah, salah satu pedagang di lantai 1.

Plt Kepala Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami saat dikonfirmasi membantah bedak-bedak di lantai atas tidak buka selama bertahun-tahun. Menurutnya, bedak-bedak itu sempat buka. Namun, sejak pandemi Covid-19, pedagang tidak lagi membuka bedak dagangannya.

”Ada yang buka dan mulai jualan di atas. Tapi karena pandemi Covid-19 ini, jadi sepi dan banyak tutup,” terangnya.

Taufik mengungkapkan, pihaknya sudah ada rencana untuk mengaktifkan kembali bedak-bedak di lantai 2 Pasar Dringu. Yaitu dengan menjadikan sisi barat lantai 2 sebagai pusat pujasera atau kuliner. Dengan harapan, pedagang maupun pembeli akan berkunjung ke lantai 2.

”Kami juga akan bangunkan toilet atau kamar kecil di lantai 2. Selama ini memang belum ada toiletnya di lantai atas itu,” ujarnya. (mas/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU