Rawan Longsor, Warga Sumber Pasang Rambu Peringatan  

SUMBER, Radar Bromo- Sejumlah titik rawan longsor menjadi perhatian serius warga Desa Sumberanom, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo. Mereka turun tangan memasang spanduk peringatan adanya tebing yang rawan longsor.

Spanduk itu dipasang di dua titik berbeda dalam satu kawasan. Yaitu, di jalur curah kendil. Alasannya, di daerah ini bertebing dan rawan longsor. Dalam spanduk itu, warga menuliskan pesan agar masyarakat berhati-hati dan waspada. Sebab, jalur curah kendil merupakan jalur rawan longsor.

Salah seorang warga, Joko Suwarno mengatakan, spanduk itu dipasang murni inisiatif dari warga. Warga melihat saat ini masuk musim hujan, sehingga perlu adanya peringatan terhadap masyarakat agar tetap berhati-hati saat melintas jalur itu. “Di musim seperti ini rawan sekali terjadinya longsor. Karena itu, kami membuat peringatan agar mereka yang melintas berhati-hati,” ujarnya.

Joko menjelaskan, ada dua spanduk yang dipasang. Pertama di jalur masuk dan juga di jalur keluar. Tujuannya, agar warga yang dari dua arah sama sama mengetahui. “Dua arah kami pasang. Supaya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Mereka agar hati-hati ketika hujan ataupun setelah hujan karena  rawan longsor,” jelasnya.

Selain memasang rambu-rambu, warga juga melakukan kerja bakti untuk bersih-bersih jalan dan gorong-gorong. “Kami juga membersihkan saluran air, sehingga air tidak mengendap dan langsung turun,” ujar Joko. (sid/rud)