alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

BBTNBTS: Rekomendasi Belum Turun, Bromo Belum Dibuka

SUKAPURA, Radar Bromo – Beberapa hari terakhir beredar informasi pernyataan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, wisata Bromo dibuka kembali hari ini. Kabar itu disanggah Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS). Sebab, sampai Selasa (11/8) rekomendasi dari tiga kepala daerah belum diterima. Sehingga, dipastikan wisata Bromo Tengger Semeru (BTS) belum dibuka.

Humas BBTNBTS Sarif Hidayat saat dikonfirmasi menegaskan, sejauh ini belum ada kepastian jadwal reaktivasi wisata kawasan Bromo. Wisata BTS berada di bawah BBTNBTS. Kebijakan reaktivasi wisata BTS dikeluarkan BBTNBTS setelah menerima rekomendasi 4 kepala daerah dan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

”Kabar soal wisata Bromo besok Rabu (hari ini, Red) mulai dibuka itu tidak benar. Mungkin, informasi berita soal pernyataan Pak Wabup, Rabu (hari ini, Red) wisata Bromo dibuka, itu ada kaitannya dengan wisata Seruni Point Sukapura yang akan dibuka oleh Bupati Probolinggo,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Sarif menegaskan, sampai siang kemarin saat dirinya dikonfirmasi, belum ada perkembangan terkait rekomendasi reakvitasi wisata BTS dari tiga kepala daerah lainnya. Pihaknya baru terima rekomendasi reaktivasi wisata BTS dari Bupati Probolinggo.

”Sampai siang ini saya dikonfirmasi, belum ada tambahan rekomendasi dari kepala daerah. Sehingga, dipastikan wisata BTS, mulai dari pananjakan, lautan pasir, bukit sabana, dan kawah Bromo, belum dibuka,” tegasnya.

Saat ini pihaknya terus memanfaatkan kesiapan reaktivasi wisata BTS tersebut. Yaitu dengan sosialisasi protokol kesehatan atau SOP pelayanan wisata di tengah pandemi Covid-19. ”Kalau dari kesiapan, semua sudah siap untuk reaktivasi wisata BTS. Mulai dari pelaku jasa wisata, petugas, sampai sarana prasarananya. Tapi, reaktivasi harus ada rekomendasi dari empat kepala daerah dan izin Kementerian LHK,” ungkapnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU