Ajang Kinerja Award 2020 Jadi Ajang Evaluasi OPD

MAYANGAN, Radar Bromo – Sejumlah 10 nominasi ajang Kinerja Award 2020 gelaran Pemkot Probolinggo, Senin (9/3) mengikuti penilaian tahap kedua. Mereka harus memaparkan kinerjanya di hadapan empat juri di Aula Bappeda Litbang Kota Pro­bo­linggo.

“Penilaian tahap dua ini bukan hanya untuk menilai bagaimana kinerja yang akan dipaparkan para peserta. Namun, juga dijadikan momen evaluasi untuk meningkatkan semangat kerja maupun kualitas kerja,” ujar Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pem­bangunan Daerah Bappeda Litbang Kota Probolinggo Retno Feby Hariyati.

Selain pemaparan kinerja, Retno mengaku juga meminta para peserta membuat yelyel. Tujuannya, untuk memberi pandangan penilaian bagaimana semangat kerja para peserta. “Alhamdulillah, 10 peserta semangat dan antusias mengikuti Kinerja Award,” ujarnya.

Dari hasil penilaian tahap kedua ini, dari 10 OPD akan dipilih tiga peserta yang akan dinobatkan sebagai juara Kinerja Award 2020. Karenanya, kemarin mereka melakukannya dengan serius di hadapan empat juri dari Pemprov Jawa Timur. Yakni, dua orang dari Bappeda; dan masing-masing satu orang dari Biro Organisasi Pemprov; dan Inspektorat Pemprov Jawa Timur.

Akega, juri dari Bappeda Pemprov Jawa Timur me­ngaku sangat mengapresiasi program yang dilakukan Pemkot Probolinggo ini. Sebab, sangat jarang kinerja OPD diperlombakan.

“Dengan adanya ajang seperti ini, pada akhirnya kinerja makro daerah akan menunjang indikator kinerja Pemerintah Provinsi. Sedangkan, untuk penilaiannya kami melihat hasil kinerja yang telah dilakukan. Kosistensi capaian dan kenerja yang sudah dilakukan sesuai aturan, itu juga menjadi penilaian,” ujar Fungsional Perencana Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Pemprov Jawa Timur, tersebut. (mg1/adv)