alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Sidak 3 Proyek Jalan Rusak Rp 5,4 M, Ini Kata Wali Kota Probolinggo

MAYANGAN, Radar Bromo – Proses perbaikan jalan Basuki Rachmat dan Jalan Ahmad Yani Kota Probolinggo hampir selesai. Diperkirakan, pekan depan akses jalan ini telah selesai total diperbaiki.

Selasa (10/11), Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin pun mengecek perbaikan jalan di dua ruas itu. Dia turun ke lapangan dengan ditemani Kepala Dinas PUPR PERKIM Kota Probolinggo Agus Hartadi.

Habib Hadi -panggilan akrabnya- sempat mengecek proses perbaikan jalan di depan RPH Jagalan, Jalan Ahmad Yani. Di lokasi tersebut proses pengaspalan baru dilakukan separo.

“Melihat proses yang sedang berjalan, perbaikan jalan rusak ini sudah hampir selesai. Diperkirakan pekan depan sudah bisa selesai semua,” ujar Habib Hadi.

Habib Hadi menjelaskan, kerusakan jalan di Jalan Ahmad Yani dan Basuki Rachmat terjadi karena jalan itu digunakan untuk akses sementara saat ada perbaikan Jalur Lingkar Utara (JLU). Selama JLU diperbaiki, kendaraan besar dialihkan ke dua ruas jalan itu. Sementara JLU ditutup total.

“Jadi kami meminta kepada masyarakat untuk bersabar saat itu. Setelah JLU selesai, maka jalan yang rusak segera diperbaiki. Insya Allah minggu depan sudah selesai semua,” tambahnya.

Politisi PKB ini menjelaskan, ada tiga jalan yang mengalami kerusakan karena digunakan sebagai jalan alternatif saat JLU diperbaiki. Yaitu, Jalan Serma Abdurahman, Ahmad yani dan Basuki Rachmat.

Kepala Dinas PUPR PERKIM Agus Hartadi menjelaskan, perbaikan jalan ini tidak hanya berupa pengaspalan. Namun, juga pemasangan markah jalan.

“Anggaran perbaikan jalan ini termasuk dengan pemasangan markah jalan. Jadi setelah selesai diperbaiki akan segera dipasang markah,” terangnya.

Menurutnya, saat ini Jalan Serma Abdurahman selesai diperbaiki. Sedangkan yang masih proses perbaikan adalah Jalan Ahmad Yani dan Basuki Rachmat. “Target minggu depan bisa selesai,” ujarnya.

Ketiga ruas jalan ini mendapatkan anggaran perbaikan dari anggaran cadangan DAK Fisik. Besarnya anggaran untuk perbaikan tiga ruas jalan ini berbeda-beda.

Untuk perbaikan Jalan Ahmad Yani dianggarkan Rp 2 Miliar, Jalan Basuki Rachmat Rp 2,3 Miliar dan jalan Serma Abdurahman Rp 1,1 Miliar. Sehingga total anggaran untuk perbaikan tiga jalan mencapai Rp 5,4 miliar. (put/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU