Bekali Siswa, Gelar Diklat Jurnalistik di SMAN 1 Gading

GADING, Radar Bromo – Berkomitmen membekali siswanya dengan keterampilan menulis, SMAN 1 Gading pun menggelar diklat jurnalistik dasar. Yang menarik, diklat itu juga mengundang siswa-siswi SMP dan MTs di sekitarnya.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Gading Susanto, M.Pd. yang membuka diklat menegaskan, sekolah berupaya memberikan bekal khusus pada peserta didik. Salah satunya melalui keterampilan menulis.

Menurutnya, keterampilan menulis sangat dibutuhkan. Terutama bagi sekolah yang awalnya dikenal sebagai sekolah pinggiran seperti SMAN 1 Gading. “Kami dulu memang dikenal sebagai sekolah pinggiran. Namun, kami akhirnya berhasil membuka diri dengan terus memberikan kesempatan pada anak didik untuk berkembang,” tuturnya.

Keterampilan menulis, menurutnya, juga merupakan salah satu bekal yang dinilai bisa mengembangkan peserta didik. “Karena itu, kami gelar diklat ini sebagai bekal peserta didik ke depan. Kalau sekarang belum terasa, mungkin nanti akan ada manfaatnya,” jelasnya.

Diklat sendiri digelar bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo dan diikuti 40 peserta. Mereka terdiri dari 20 pengurus OSIS SMAN 1 Gading dan 20 lainnya adalah siswa-siswi SMP dan MTs di sekitar.

Pemred Jawa Pos Radar Bromo Hana Susanti hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu. Pada peserta diklat, Hana menjelaskan tentang perkembangan media massa. “Kalian saat ini berada pada masa saat media cyber berkembang. Itulah mengapa, generasi saat ini lebih suka memanfaatkan medsos dan media online,” tuturnya.

Namun, apapun bentuk medianya, menurut Hana, kemampuan menulis tetap dibutuhkan. “Tentu saja dengan karakter masing-masing, sesuai dengan medianya,” tuturnya.

Selama diklat, peserta juga diajak praktik menulis. Mereka bebas memilih materi tulisan, termasuk bebas menulis dengan karakter masing-masing.

“Yang penting berani menulis dulu. Selanjutnya, karakter ini yang nanti bisa kalian kembangkan lebih lanjut,” tuturnya. (hn)