Tes SKD CPNS Kota Probolinggo Digelar 27-30 Januari

MAYANGAN, Radar Bromo – Jadwal pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi pelamar CPNS di Kota Probolinggo, akhirnya ditetapkan. Pemkot Probolinggo memastikan tes yang akan diikuti 2.761 pelamar itu akan digelar pada 27-30 Januari 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo mengatakan, waktu pelaksanaan tes SKD tidak sama dengan daerah lain. Berdasarkan rekomendasi Badan Kepegawaian Nasional (BKN), pelaksanaan tes SKD dibatasi hingga Februari 2020.

Di Kota Probolinggo, tes SKD akan digelar berturut-turut selama empat hari. Pada hari pertama akan dibagi dalam empat sesi. Masing-masing sesi berjumlah 150 peserta. Pada hari kedua sampai hari terakhir menggunakan lima sesi dengan masing-masing sesi berjumlah 150 peserta.

Jika pada 2018 tes SKD digelar di Jember, tahun ini akan digelar di Kota Probolinggo. Yakni, di Gedung Pertemuan Nelayan UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan milik Pemprov Jawa Timur. “Mengenai tempat pelaksanaan SKD, sebelumnya telah disurvei oleh BKN Regional Provinsi Jatim dan telah dinyatakan layak,” ujar Gogol.

Soal perangkat yang akan digunakan, Gogol mengaku telah bekerja sama dengan pihak ketiga. Namun, ia tidak menjelaskan siapa pihak ketiga yang dimaksud. Menurutnya, mereka merupakan rekanan yang sering digunakan oleh BKN dan BKD Provinsi dalam pelaksanaan tes CPNS. “Untuk perangkatnya kami gandeng pihak ketiga yang sudah biasa menangani hal ini,” ujarnya.

Diketahui, jumlah pelamar CPNS 2019 di Kota Probolinggo berjumlah 3.623 orang. Namun, hanya 2.761 pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dan harus mengikuti tes SKD. “Dalam seleksi kompetensi dasar, terdapat tiga aspek yang akan diuji. Di antaranya tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP),” ujar Gogol. (rpd/rud)