alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Bakar Sampah, Gudang Gaharu di Sumbertaman Dilalap Api

WONOASIH,Radar Bromo – Sebuah gudang gaharu di Jalan Sunan Kudus, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, dilalap api. Sabtu (9/5), pukul 09.35, kebakaran itu dipicu adanya warga yang membakar sampah tak jauh dari gudang.

Percikan api merembet ke dinding gudang yang terbuat dari kayu dan seng. Api terus membesar, sehingga membuat gudang gaharu milik Amir, 43, warga Sulawesi Selatan, ini rusak parah.

Amir mengatakan, penyulingan gaharu itu sudah berjalan sekitar 5 tahun. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, sudah dua bulan tidak beroperasi. “Jadi di gudang sebagian ada serbuk yang sudah dibakar dan bahan baku serbuk kayu yang belum dibakar. Sementara, untuk kerugiannya saya belum menghitung,” ujarnya.

Ia mengaku langsung meluncur ke lokasi kejadian begitu mendapat kabar gudangnya terbakar dari kerabatnya. Dari pemeriksaan petugas, gudangnya terbakar karena ada warga yang membakar sampah di sisi utara gudang. Lokasinya kurang dari 5 meter dengan dinding gudang. “Ada yang membakar sampah, itu bekasnya masih belum padam,” ujar Amir menunjuk tumpukan sampah di sebelah utara gudangnya.

Pernyataan Amir dibenarkan oleh Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP Kota Probolinggo, Heri Wijayani. Terkait usaha pemadaman, Heri mengatakan, dua unit mobil damkar dan petugas langsung meluncur ke lokasi. Tak lama kemudian, api berhasil dijinakkan. “Alhamdulillah api cepat dipadamkan. Informasi yang kami terima, api muncul dari sampah yang ada di utara gudang,” ujarnya. (rpd/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU