alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Dewan Tak Yakin Pasar Baru Probolinggo Dibangun Tahun Ini

KANIGARAN, Radar Bromo – Sampai minggu ke 2 bulan Agustus 2020, dokumen untuk Pasar Baru Probolinggo masih belum diterima oleh bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Probolinggo untuk masuk dalam tahap lelang. Padahal dalam perencanaan, ada anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan Pasar Baru walau ada refocusing APBD 2020.

“Sampai saat ini belum masuk dokumen lelangnya,” ujar Gofur Efendi, Kepala Bagian Pengadaan barang dan Jasa, Sekretariat Daerah Kota probolinggo.

Disinggung perlu berapa lama proses lelang anggaran Pasar Baru? Gofur tidak bisa memastikan karena pihaknya tidak mengetahui secara pasti item pekerjaan Pasar Baru.

“Bisa konfirmasi ke PUPR, karena kalau saya tidak tahu item apa saja pekerjaan Pasar Baru untuk menghitung lama waktu pekerjaan. Namun yang jelas untuk waktu tender konstruksi selama 1,5 -2 bulan, tergantung banyak tidaknya penawar yang masuk,” terangnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Pasar Baru yang seharusnya mendapat anggaran Rp 23 miliar untuk pembangunan multiyears tahun 2020-2021, terpangkas karena refocusing anggaran sampai tinggal Rp 6 miliar. Pemkot Probolinggo mengajukan Legal Opinion (LO) terkait pemangkasan anggaran ini.

Jawa Pos Radar Bromo mencoba mengkonfirmasi Andre Nirwana, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR Perkim terkait turunnya LO dari kejaksaan masih. Sayangnya, dia belum direspons.

Sementara itu Agus Riyanto, ketua Komisi III pesimistis, pembangunan pasar baru bisa dikerjakan pada tahun 2020. ”Kami tidak yakin Pasar Baru masih akan dibangun tahun ini. Meskipun tetap ada anggaran pembangunan, sampai saat ini kan dokumen lelang belum masuk ke ULP (Bagian Pengadaan Barang dan Jasa),” ujar Agus Rianto, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo.

“Selain itu dengan anggaran Rp 2 miliar bagian mana yang akan diselesaikan ini tidak jelas,” lanjut Agus.

Seharusnya, anggaran Pasar Baru secara multiyears sebesar Rp 23 Miliar untuk tahun 2020 dan 2021. Namun karena ada pandemi korona, anggaran pun dipangkas sampai menjadi Rp 6 miliar secara multiyears untuk 2 tahun.

“Anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk tahun berikutnya itu juga tidak jelas bagian mana yang akan diperbaiki. Padahal ini program pembangunan pasar juga perlu untuk segera dituntaskan,” ujarnya.

Dokumen lelang yang masuk ke bagian Pengadaan Barang dan Jasa untuk Pasar Baru adalah manajemen konstruksi. Namun dokumen ini dikembalikan oleh bagian Pengadaan barang dan jasa pada akhir Maret 2020 dan tidak ada kepastian lagi karena ada refocusing APBD 2020. (put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jon Junaedi Wakil Ketua DPRD Mangkir Lagi di Sidang Ijazah Palsu

Jaksa menyebutkan, Kalau 3 kali dipanggil tidak dating, ketentuannya nanti dapat dilakukan penjemputan paksa dengan adanya penetapan hakim untuk jemput paksa

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.