alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Angler Remaja 17 Tahun asal Wiroborang Menang Rp 6 Juta

KADEMANGAN,Radar Bromo – Lomba Mancing di Kolam Bromo FishingJawa Pos Radar Bromo, terus mengundang perhatian para angler. Sabtu (5/9) malam, ratusan pemancing mendatangi kolam milik Jawa Pos Radar Bromo, ini untuk mengikuti perlombaan.

Tak hanya dari kalangan orang dewasa, sejumlah remaja juga turut serta dalam perlombaan. Bahkan, yang berhasil mendapatkan ikan terberat masih berusia 17 tahun. Ia adalah Satya Arga, warga Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Remaja yang menempati lapak nomor 103 itu mengaku senang berhasil menjadi juara pertama. Setelah mendapatkan seekor ikan lele seberat 4,229 kilogram, ia berhasil mendapatkan hadiah utama. “Senang bisa mendapatkan uang Rp 6 juta,” ujarnya.

Menurutnya, agar bisa berhasil mendapatkan ikan besar dan tidak lepas dari mata kailnya perlu ketelatenan. Sebab, ikan besar jelas berbeda dengan yang kecil. Mulai dari bobot, tenaga, dan cara ikan mendekati mata kail.

HARUS SABAR: Seorang pemancing berusaha menarik ikan yang menyambar kailnya di Kolam Bromo Fishing, Sabtu (5/9). (Foto: Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Ikan berukuran besar, kata Satya, biasanya tidak akan langsung menyantap mata kail. Tetapi, masih mengitarinya. “Jadi, perlu kesabaran dan ketepatan dalam mengangkat mata kail. Jangan sampai mata kail keburu diangkat sebelum mengenai mulut ikan dengan sempurna,” jelasnya.

Ikan berukuran kecil bisa langsung ditarik karena tenaganya tidak terlalu kuat. Berbeda dengan ikan ukuran besar. Jika langsung ditarik, bisa jadi senar putus atau mata kail lepas.

“Jadi harus bersabar tunggu ikannya sampai kelelahan, baru ditarik perlahan. Percuma juga jika terburu-buru dengan harapan agar bisa segera menaruh umpan lagi, namun ikan yang sudah ditangkap akhirnya lepas,” ujarnya.

Panitia Lomba Ainul Mashudi mengatakan, sejatinya di kolamnya terdapat 140 lapak. Namun, yang digunakan hanya 110 lapak. Jarak antara pemancing diperlebar demi menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Selain Satya, ada sepuluh pemancing yang juga mendapatkan hadiah. Di antaranya, pelapak nomor nomor 72 dengan berat ikan 3,703 kilogram; lapak nomor 42 (3,252 kilogram); lapak nomor 109 (3,237 kilogram); lapak nomor 110 (3,062 kilogram); dan lapak nomor 07 (3,012 kilogram).

Kemudian, lapak nomor 22 (3,007 kilogram); lapak nomor 42 (2,919 kilogram); lapak nomor 105 (2,877 kilogram); dan lapak nomor 22 dengan berat 2,788 kilogram. (rpd/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU