Wali Kota Probolinggo: Jangan Mudik Dulu, Sementara Bisa Pakai Fasilitas Video Call

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Upaya antisipasi untuk menghadapi gelombang pemudik, juga sudah disiapkan Kota Probolinggo. Sejumlah langkah antisipasi pencegahan terus dilakukan Pemkot Probolinggo yang siap menyediakan puluhan tempat khusus (isolasi) bagi pemudik maupun petugas penanganan Covid-19.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Minggu (5/4) siang mengatakan, banyak opsi tekait dengan tempat penampungan sementara yang digunakan untuk penanganan Covid-19. Mulai dari pemudik dan juga bagi petugas garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 seperti tenaga medis, TNI-Polri, Satpol PP, Tagana dan juga tenaga lainnya, jika mereka berkenan.

“Banyak opsi, bisa sewa kos-kosan, bisa ditaruh di Rusunawa, atau jika jumlahnya besar, kami siapkan lembaga yang ada standarnya fasilitasnya. Seperti masjid, atau musala, MCK, tempat tidur dan untuk fasilitas penunjang lainnya, kami belikan. Namun jika mereka berkenan,” terangnya.

Walau begitu, pria yang akrab disapa Habib Hadi tersebut tetap mengimbau, bagi masyarakat agar tidak mudik terlebih dahulu sebelum situasi menjadi tenang dan normal kembali. Lebih lagi sekarang ada fasilitas seperti Video Call (VC).

“Anda tidak pulang bukan memutus silaturahmi, tapi menyelamatkan keluarga. Mungkin anda sehat, tapi dalam perjalanan bisa jadi anda menyentuh barang yang ternyata telah terpapar virus. Oleh karena itu, saya imbau agar tidak mudik terlebih dahulu,” pinta Wali Kota Hadi. (rpd/fun)