Kantor KUA Kab Probolinggo Tutup, Bagi yang Mau Nikah Bisa Daftar Nikah via WA

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Wabah coronavirus disease 2019 (Covid-19) membuat kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo memberikan batasan kerja bagi petugas Kantor Urusan Agama (KUA). Sejak adanya batasan kerja, maka kini Kemenag memberlakukan pendaftaran online bagi warga yang hendak menikah.

Kepala Kemenag setempat Santoso mengatakan, diantara batasan kerja tersebut adalah mewajibkan semua pegawai kantor bekerja di rumah. Meski begitu, pihaknya tetap memberikan pelayanan bagi calon pengantin (catin) yang sudah membuat janji dengan petugas KUA untuk melangsungkan akad.

“Kalau memang sudah membuat janji dengan petugas KUA, nanti akan kami berikan surat rekomendasi untuk melangsungkan akad di KUA. Maksimal hanya boleh diikuti 10 orang. Termasuk catin laki-lakinya dan petugasnya harus menggunakan sarung tangan dan masker,” ujarnya.

Sementara, warga yang ingin daftar untuk menikah, pihaknya memberikan kemudahan, yakni bisa melalui online. Sehingga pelayanan untuk warga yang ingin menikah tetap bisa diberikan.

“Sebisa mungkin kami memang menghindari tatap muka. Makanya daftar nikah kami persilakan dengan cara online,” ujarnya.

Namun pendaftaran nikah menggunakan sistem online itu dijelaskannya bukan melalui aplikasi khusus. Akan tetapi dengan menghubungi langsung petugas KUA terkait.

“Tidak ada aplikasi, jadi langsung saja WA ke petugasnya. Dari sana kemudian membuat janji kapan acara akad nikahnya akan dilangsungkan,” ujarnya.

Santoso melanjutkan, langkah ini diambil karena pihaknya tidak ingin menghalangi niatan warga yang ingin melangsungkan pernikahan. Sebab, menikah merupakan pekerjaan sunnah dalam agama Islam.

“Intinya kami ingin mempermudah pelayanan bagi masyarakat. Meski ada korona, kami tetap menerima pendaftaran nikah. Jangan sampai virus ini menghalangi niatan untuk menikah, nikah ini sunnah,” ujarnya. (mg1/fun)