alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Warga Harus Tetap Patuh Prokes Meski Sudah Ada Vaksin

KANIGARAN, Radar Bromo – Salah satu upaya mengurangi penularan Virus Covid-19 adalah proses imunisasi vaksin Covid-19. Meskipun jika nantinya vaksin telah diberlakukan, masyarakat tetap wajib mengedepankan protokoler kesehatan. Minimal menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan.

Saat ini Vaksin Covid-19 masih dalam tahap uji coba ketiga. Tahap uji coba pertama dan kedua telah selesai dengan hasil tanpa ada gangguan efek samping bagi relawan.

“Saat ini vaksin Covid-19 sedang dalam tahap uji coba ketiga. Jika telah selesai dan tidak ada efek samping maka akan disampaikan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapat izin edar sebelum diedarkan ke masyarakat,” ujar dr Nurul Hasanah Hidayati, plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kota Probolinggo dalam webinar ‘KPCPEN #09 Vaksin Aman, Masyarakat Sehat’ yang berlangsung Jumat (4/12).

Ida –biasa dia disapa- menjelaskan, dari ilmu kesehatan virus Covid-19 seperti halnya virus lain, tidak akan pernah hilang. Keberadaan vaksin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara pasif.

“Ada kekebalan aktif yang timbul secara alami setelah terpapar virus. Namun ada kekebalan pasif yaitu memasukkan vaksin untuk menimbulkan kekebalan tubuh. Tujuannya agar ketika terpapar virus, tidak sakit atau mengalami sakit berat,” ujarnya.

Ida mengungkapkan bahwa tidak semua orang bisa divaksin. Ada tahapan dan proses screening yang harus dilalui untuk memastikan warga tersebut sehat. “Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat ini adalah vaksin pertama. Sehingga sasarannya masih untuk usia 18-59 tahun serta tidak memiliki komorbid,” terangnya.

Pemkot Probolinggo telah menganggarkan sebesar Rp 15 miliar untuk vaksin Covid-19. Anggaran ini ditempatkan sebagai Belanja Tidak terduga (BTT) APBD 2021.

Sejauh ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Probolinggo terus bertambah. Per kemarin (4/12) total pasien terkonfirmasi positif mencapai 812 orang dengan penambahan 18 orang. Pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 705 orang dengan penambahan 8 orang. Sedangkan jumlah pasien meninggal total mencapai 62 orang. (put/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU