alexametrics
29C
Probolinggo
Tuesday, 26 January 2021

Sulit Wujudkan Kampung Dok Bebas Banjir

MAYANGAN, Radar Bromo – Kampung Dok di Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo rutin mengalami banjir setiap musim hujan. Kondisi lingkungan menjadi salah satu penyebab kawasan ini sulit untuk bebas banjir.

“Banjir dan genangan di Kampung Dok itu sulit dihilangkan. Bahkan meskipun telah dilakukan pembersihan dan pengerukan seperti di wilayah lain,” ujar Sugito Prasetyo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Dari segi lokasi, kampung dok berada di dekat pantai. Sehingga sulit dipastikan bebas bencana banjir dan genangan saat musim hujan.

Sugito mengungkapkan bahwa ada rencana tahun 2021 untuk pembangunan saluran pembuangan di dekat Kampung Dok. Pekerjaan pembangunan ini akan dilakukan oleh Dinas PUPR PERKIM.

“Mungkin bisa ditanyakan ke Dinas PUPR PERKIM. Rencananya akan ada pembangunan saluran pembuangan mulai dari Pasar Kronong sampai ke Pantai,” terangnya.

Harian ini mencoba konfirmasi pada Agus Hartadi, kepala Dinas PUPR PERKIM terkait rencana pembangunan saluran pembuangan di Kelurahan Mayangan masih belum bisa memastikan rencana tersebut. Pertimbangannya adalah keterbatasan anggaran.

“Mungkin dari BPBD yang akan membangun. Kalo di PUPR PERKIM ini terkendala dengan keterbatasan anggaran,” terangnya.

Kampung Dok merupakan salah satu titik lokasi langganan banjir di Kota Probolinggo. Lokasi ini berdekatan dengan kawasan pabrik PT KTI sekaligus dengan laut. (put/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU