alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Sosialisasi UMK 2021 untuk Cegah Perusahaan Menolak

KANIGARAN, Radar Bromo – Angka UMK Kota Probolinggo 2021 ada kenaikan tipis yakni tahun sebelumnya. Meski naik tipis, rentan terjadi penolakan dari perusahaan. Hal ini karena ada perbedaan ketentuan antara kebijakan menteri tenaga kerja untuk tidak menaikkan UMK dengan kebijakan Pemprov jatim yang menaikkan upah.

“Yang pasti UMK Kota Probolinggo akan mengikuti yang telah ditetapkan oleh Gubernur yaitu Rp 2.350.0000. Jika nanti ada perusahaan yang menolak, maka kami lebih intensif untuk sosialisasi ke perusahaan,” ujar Moch Sulhan, Kepala Bidang hubungan Industrial, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kota Probolinggo.

Sosialisasi ini perlu dilakukan mengenai UMK Kota yang baru. Mengingat besaran UMK ini merupakan hasil rumusan bersama beberapa pihak termasuk KSPI dan APINDO.

“Besaran kenaikan UMK ini juga terbilang lebih kecil daripada tahun-tahun sebelumnya. Melihat dari kondisi ekonomi pandemi ini. Nanti tnnuk penerapan UMK ini jelas perlu berkoordinasi dengan Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan yang saat ini ada di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, kenaikan UMK Kota Probolinggo pada tahun 2021 hanya sekitar Rp 31 ribu. Besaran kenaikan ini pun telah disetujui oleh Gubernur. Sehingga UMK yang akan diterima pekerja di Kota Probolinggo sebesar Rp 2.350.000. (put/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU