Soal Pemanfaatan Kawasan Pantai, Pemkot Baru Akan Ajukan Izin

KADEMANGAN, Radar Bromo – Garis pantai di wilayah Pemkot Probolinggo, cukup panjang. Mencapai sekitar 7 kilometer persegi. Namun, Pemkot baru akan mengajukan izin pemanfaatan kawasan pantai ini ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo Budi Krisyanto mengaku, sudah mempersiapkan dokumen izin pemanfaatan kawasan pantai ke pemprov. Tidak hanya untuk kawasan Pantai Permata, namun juga untuk seluruh garis pantai di Kota Probolinggo.

“Jadi, mulai dari pemanfaatan kawasan pantai di Ketapang sampai Mangunharjo, itu bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya,” ujarnya. Total, panjang garis pantai wilayah Kota Probolinggo mencapai sekitar 7 kilometer persegi.

Pengajuan izin pemanfaatan ruang kawasan pantai bukan hal baru. Karena Kabupaten Situbondo telah melakukannya. Tahun lalu, Dispopar Kota Probolinggo melakukan studi referensi ke Situbondo, terkait pemanfaatan kawasan pantai.

“Secara lisan pengajuan izin pemanfaatan kawasan pantai sudah disampaikan ke Gubernur saat berkunjung ke Kota Probolinggo. Diharapkan, minggu depan (dokumen pengajuan izin) bisa disampaikan ke Gubernur. Dokumen sudah lengkap, termasuk persetujuan dari Wali Kota,” jelasnya.

Budi mengatakan, pemanfaatan kawasan pantai dengan menekankan pada tiga aspek. Yaitu, konservasi, edukasi, dan wisata. Pengembangan wisata harus tetap mempertahankan ekosistem pantai tetap terjaga.

“Masyarakat juga bisa belajar tentang lingkungan hidup dengan tetap menjaga lingkungan di sini. Serta, mendukung kegiatan wisata, misalnya dengan mempersiapkan dermaga agar warga bisa melakukan kegiatan memancing,” ujarnya.

Selain itu, untuk kawasan Pantai Permata Pilang, sesuai Perda Nomor 1/2020 tentang Rencanan Tata Ruang Wilayah, masuk dalam kawasan sepadan pantai. “Ada arahan untuk pengembangan kawasan wisata secara terbatas. Dalam implementasinya, kawasan Pantai Permata sesuai dokumen perencanaan dan kajian. Kajian sudah dilakukan sejak tahun lalu oleh Dinas Lingkungan Hidup. Yang telah berjalan saat ini di Pantai Permata Pilang, seperti gazebo, penyediaan tempat sampah, pembangunan jalan serta PJU di 24 titik,” ujarnya. (put/rud)