Diverifikasi, KPM BPNT Kab Probolinggo Berkurang 3.402

MAYANGAN, Radar Bromo – Proses verifikasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), terus dilakukan. Sampai kemarin, di Kabupaten Probolinggo, jumlah KPM BPNT berkurang 3.402 KPM.

Proses verifikasi dilakukan oleh tim pendamping bantuan sosial (bansos). Verifikasi ini dilakukan sebagai upaya kontrol agar pemberian bantuan dari Kementerian Sosial melalu Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, tepat sasaran. “Verifikasi rutin dilakukan oleh pendamping untuk memperoleh keakuratan data dengan kondisi di lapangan,” ujar Koordinator BPNT Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Mustahiqul Ilmi.

Sejak awal 2020, jumlah KPM BPNT terus menurun. Bulan kemarin, mencapai 142.256 KPM dan bulan ini turun 3.402 KPM. Sehingga, data bayar penerima sebanyak 138.854 KPM.

Penurunan data bayar antara Maret dengan April, terjadi karena indikasi temuan data ganda. Kemudian, pendamping menindaklanjuti bekerja sama dengan perangkat desa. Hasilnya, dijadikan bahan putusan apakah data yang ada sudah sesuai atau tidak.

“Indikasi temuan data ganda diverifikasi bersama perangkat desa. Nantinya jika data itu akan diperbaharui, tentunya menjadikan data tunggal jika data tersebut memang ganda,” ujarnya.

Petugas di lapangan masih terus melakukan verifikasi, agar pemberian bantuan dapat dilakukan maksimal. Karena itu, perlu pengawasan terhadap kegiatan saat pelaksanaan kegiatan. Sehingga, tujuan mensejahterakan mayarakat terlaksana dengan baik.

“Penurunan jumlah penerima tetap diupayakan, namun koordinasi dengan perangkat desa tetap dijalankan agar tepat sasaran,” ujarnya. (ar/rud)