alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Hotel di Probolinggo Berharap Lonjakan Libur Nataru

KRAKSAAN, Radar Bromo- Di sisi lain, sektor wisata berharap ada lonjakan wisatawan saat libur Nataru. Sebab, hingga jelang ganti tahun, mulai ada peningkatan okupansi kunjungan hotel. Itu, terlihat dari hunian hotel di wilayah Sukapura, Kabupaten Probolinggo yang rata-rata sudah di booking 50 persen dari kuota.

Hal itu diungkap ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digjoyo Djamaluddin. Menurutnya, untuk liburan tahun baru wisatawam dari luar daerah sudah berbondong bondong untuk mem-booking hotel. Itu dilakukan untuk bisa berlibur tahun baru diwilayah Bromo.

“Sudah mencapai 50 persen dari kuota. Karena pandemi ini kan tidak boleh penuh. Dan dibatasi 50 persen. Daei batasan itu sudah 50 persennya terisi,” katanya.

Ia memberikan contoh, saat pandemi hotel tidak diperkenankan menerima pelanggan 100 persen. Melainkan, hanya diperkanankan sebanyak 50 persen dari jumlah kamar. Jadi, jika jumlah kamar itu sebanyak 50 kamar, maka separuhnya yang terseisa adalah 25 kamar. Dan yang telah diboking 50 persen dari 25 kamar tersebut.

“Kelihatannya saja banyak. Kenyataannya ya tidak sampai terisi semua,” katanya.

Untuk tahun baru kali ini, pihaknya optimistis akan terisi 100 persen. Apalagi, tahun ini tidak boleh ada kerumunan. Saat tahun bari, biasanya hotel memberikan fasilitas hiburan kepada pengunjungnya, namun tahun ini ditiadakan.

“Kebijakannya begitu, tidak boleh ada hiburan. Khawatirnya menimbulkan kerumunan,” ungkapnya.

Ia mengaku, tahun baru adalah ladang emas sebenarnya bagi pengusaha hotel. Tahun sebelumnya, hotel terisi penuh. Bahkan, banyak wisatawan yang tidak kebagian. Namun, tahun ini kenyataan pahit harus dirasakan. Hampir setengah tahun tutup dan tahun baru bel bisa beroperasi penuh.

“Mau bagaimana lagi. Kami tentunya ya pasrah karena memang demikian. Harapan kami tentunya wabah ini segera hilang dan kembali normal, ” kata pria yang akrab disapa Yoyok itu. (sid/fun)

 

MOST READ

BERITA TERBARU