Gedung Pemuda di Mastrip Tak Terawat, Pramuka Tunggu Serah Terima

TAK TERAWAT: Gedung Pemuda Kota Probolinggo di Jalan Mastrip Kota Probolinggo belum difungsikan. Terlihat rumput liar tumbuh subur di halaman gendung yang rencananya diperuntukkan Kwarcab Pramuka ini. (Istimewa)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Gedung Pemuda di Jalan Mastrip Kota Probolinggo, telah rampung dibangun pada akhir 2019 lalu. Namun, hingga saat ini gedung yang rencananya akan dijadikan kantor Kwarcab Pramuka Kota Proboolinggo ini tak kunjung difungsikan.

Karenanya, kondisinya kurang terawat. Kondisi ini mendapat perhatian serius dari Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo Indi Eko Yabuarto. Ia mengatakan, setelah Perpustakaan Daerah Kota Probolinggo direnovasi, Gedung Pemuda yang semula berada berdampingan dengan perpustakaan dipindah ke Jalan Mastirp.

Namun, meski gedung yang akan diperuntukan Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo itu belum diserahterimakan. Kini, kondisinya kurang terawat. Selain kotor, halamannya banyak ditumbuhi rumput liar. Indi mengatakan, daripada tidak terawat, lebih baik segera diserahterimakan kepada Pramuka. Dengan demikian, bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

“Kami mendapatkan kabar dari PU jika gedung tersebut akan diserahterimakan pada bulan Maret 2020. Namun, hingga kini belum ada kepastian,” ujarnya, beberapa waktul lalu. Karenanya, kata Indi, kini kantor Kwarcab Pramuka masih numpang di UPT PMI di Jalan Soekarno-Hatta.

Melihat Gedung Pemuda yang direncanakan ditempati Pramuka dan sekarang kondisinya sangat memprihatinkan, Indi berharap bisa segera diserahterimakan kepada Pramuka. Agar bisa segera dimanfaatkan dengan baik.

“Gedung Pemuda saat ini sudah seperti di hutan belantara. Penuh dengan ilalang dan semak belukar tanpa ada perawatan dari siapapun. Bahkan, sudah sering pintu dirusak dengan sengaja untuk mengambil sesuatu di dalam bangunan. Kami harap segera diserahterimakan, sehingga bisa dimanfaatkan,” harap Indi.

Terpisah, Plt Kepala BPKAD Kota Probolinggo Heri Astutik mengatakan, Gedung Pemuda masih menjadi wewenang Dinas PUPR-Perkim Kota Probolinggo. Gedung itu dibangun oleh Dinas PUPR-Perkim dan belum diserahkan kepada BPKAD. Coba tanya ke PUPR-Perkim, karena bangunan gedungnya kan di PUPR-Perkim,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala Dinas PUPR-Perkim Kota Probolinggo Agus Hartadi mengaku, dalam waktu dekat bangunan itu akan diserahkan ke BPKAD bersama dengan sejumlah bangunan lainnya. “Sedang disiapkan berkas-berkasnya bersamaan dengan yang lain untuk diserahkan ke BPKAD,” ujarnya, kemarin. (rpd/rud)