14.307 Warga Probolinggo Terdampak Sosial-Ekonomi Imbas Korona

MAYANGAN, Radar Bromo – Kebijakan pemerintah menerapkan phisycal distancing memiliki dampak sosial ekonomi pada masyarakat. Lantaran itu, Pemkot Probolinggo pun mulai melakukan pendataan terhadap warga yang diperkirakan akan terdampak secara sosial ekonomi.

Pendataan ini dilakukan oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Mulai Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP); Dinas Sosial; Dinas Perhubungan; Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dipertahankan) Kota Probolinggo.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan OPD, ada potensi 14.307 warga yang terdampak dari kebijakan penanganan korona.

“Dari Pendataan yang telah dilakukan oleh OPD total ada 7.009 warga yang berpotensi terdampak wabah korona. Mereka ini mulai dari nelayan, ABK, tukang becak, ojek online, PKL, pelaku UMKM,” ujar Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, kemarin (3/4) dalam telekonferensi.

Pemkot juga mendata ada warga Kota Probolinggo yang bekerja sebagai buruh pabrik di Kota Probolinggo mencapai 7.298 orang. “Tapi, dari beberapa pabrik yang kami datangi menyatakan bahwa pabrik tetap bisa produksi seperti biasa. Semoga tidak sampai terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada buruh pabrik ini,” harap Habib Hadi –sapaan akrab wali kota-.

Habib Hadi menjelaskan, 7.298 orang ini juga berpotensi terdampak wabah korona. Jika hanya sebagian terkena PHK, maka hanya yang terkena PHK yang akan mendapat bantuan sosial dampak wabah korona.

“Sedangkan yang tidak terkena PHK, jelas tidak, hanya yang terkena PHK. Tapi, berharap tidak ada terjadi PHK,” ujarnya.

Sehingga, total potensi warga yang terdampak wabah korona disebutkan mencapai 14.307 orang. Data ini juga masih akan dilakukan klarifikasi oleh RT/RW agar tidak terjadi data ganda.

“Untuk skema bantuan sosial ini, Pemkot akan melibatkan RT/RW serta komponen 3 pilar untuk mendistribusikan bantuan sosial tersebut kepada warga yang terdampak wabah korona,” jelasnya. (put/mie)