alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Cabai Rawit Sumbang Inflasi Tertinggi di Kota Probolinggo

KADEMANGAN,Radar Bromo – Kenaikan harga cabai rawit dalam dua bulan terakhir terus mengerek inflasi Kota Probolinggo. Bahkan, komoditas ini menjadi penyumbang inflasi terbesar selama Januari 2020.

“Untuk bulan Januari, Kota Probolinggo mengalami inflasi 0,40 persen. Inflasi tahun kalender 0,40 persen dan inflasi tahunan sebesar 1,93 persen,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Probolinggo Adenan, Senin (3/2).

BPS mencatat ada 10 komoditas penyumbang inflasi. Sembilan di antaranya berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau. “Penyumbang inflasi terbesar dari komoditas cabai rawit. Sumbangan inflasinya mencapai 0,1539 persen,” ujarnya.

Sumbangan inflasi yang cukup besar ini sesuai perubahan harga yang terjadi di sejumlah pasar daerah di Kota Probolinggo. Berdasarkan data yang dilaporkan DKUPP Kota Probolinggo, harga cabai rawit pada 31 Desember 2019 mencapai Rp 32 ribu per kilogram.

Namun, pada 31 Januari 2020, tercatat mencapai Rp 65 ribu per kilogram. Bahkan, pada Januari 2020 harganya pernah mencapai Rp 70 ribu per kilogram. “Kelompok makanan, minuman, dan tembakau menyumbang deflasi terbesar yaitu daging ayam ras sebesar 0,0685 persen,” ujarnya.

Adenan mengatakan, inflasi yang terlalu tinggi akan mempengaruhi konsumsi masyarakat. Inflasi tinggi membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. “Jika inflasi terlalu rendah, maka sulit untuk menggairahkan sektor usaha di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan Setretariat Daerah Pemkot Probolinggo Wawan Soegyantoro mengatakan, dari sejumlah komoditas penyumbang inflasi, sebagian besar berasal dari kelompok bahan makanan dan minuman.

“Mungkin perlu ada data kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan tentang komoditas apa saja yang menjadi pantauan BPS untuk penghitungan inflasi. Sehingga, juga tetap terpantau stabilitas harganya,” ujarnya. (put/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU