alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Status Gunung Bromo Aman di Level Waspada, November Kegempaan Turun

SUKAPURA, Radar Bromo – Kondisi Gunung Bromo sampai saat ini tetap aman di level waspada. Namun, selama lima bulan terakhir ada 28 kali peningkatan aktivitas kegempaan di Gunung Bromo.

Karena itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Bromo tetap memantau dan mewaspadai semua peningkatan aktivitas Gunung Bromo. Seperti yang disampaikan Kepala PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Bromo Wahyu Kusuma.

Menurut Wahyu, sejauh ini kondisi Gunung Bromo tergolong aman dan tidak ada peningkatan aktivitas secara signifikan. Gunung Bromo statusnya tetap waspada dengan rekomendasi radius jarak aman 1 kilometer.

Memang, saat ini Gunung Semeru di Lumajang erupsi. Menurutnya, tidak ada pengaruh atau dampak kondisi terkini Gunung Semeru pada Gunung Bromo. Namun, pihaknya terus memantau aktivitas Bromo.

”Gunung Bromo status waspada dan masih aman dikunjungi. Tapi rekomendasi radius jarak aman 1 kilometer,” katanya.

Beberapa waktu lalu memang sempat terjadi peningkatan aktivitas kegempaan di Gunung Bromo. Dalam lima bulan terakhir sejak Juli, terhitung peningkatan kegempaan mencapai 28 kali. Namun, tidak terjadi terus menerus. Kegempaan itu hanya peningkatan gerakan dalam suplai magma.

”Peningkatan kegempaan itu naik turun. Mulai bulan Juli sampai sekarang ada 28 kali kegempaan. Tapi untuk November kemarin aktivitas kegempaan sudah turun,” terangnya. (mas/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU