alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Aki PJU Solar Cell Hilang di Jalur Pantura Probolinggo

SUMBERASIH, Radar Bromo – Kondisi jalan raya pantura Kabupaten Probolinggo di wilayah barat hampir tidak ada penerangan. Akibatnya, saat malam hari rawan terjadi kecelakaan dan kriminal di jalur tersebut. Dinas Perhubungan (Dishub) Probolinggo sebut, jalan raya Sumberasih-Tongas tidak ada penerangan akibat puluhan aki PJU solar cell hilang akibat dicuri.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pengguna jalan raya Sumberasih-Tongas harus lebih berhati-hati saat melintas di malam hari. Karena, hampir tidak ada penerangan jalan umum (PJU) di jalur penghubung Surabaya-Bali tersebut. Terutama, bagi pengendara kendaraan motor roda dua. Karena, kondisi jalan gelap, rawan kecelakaan dan kriminal.

Saiful, 36, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih mengatakan, sudah cukup lama kondisi jalan raya Sumberasih-Tongas gelap. Tentunya, kondisi itu membahayakan bagi pengguna jalan. Mengingat, kendaraan yang melintas di jalan raya tersebut kerap melaju dengan kecepatan tinggi.

”Kalau pengendara sepeda motor lebih berbahaya, karena kadang kendaraan besar tidak terlalu kelihatan karena kondisi jalna gelap,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto saat dikonfirmasi, tidak menampik kondisi jalan raya Sumberasih-Tongas minim PJU. Sebab, banyak PJU solar cell yang tidak berfungsi. Itu akibat aki PJU solar cell yang hilang dicuri.

”Ada sekitar 35 lebih aki solar cell yang hilang mas. Kami yakini aki PJU solar cell itu hilang dicuri,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Heri mengaku, tidak dapat mengalokasikan anggaran dari APBD untuk melakukan perbaikan PJU solar cell yang hilang akinya tersebut. Sebab, jalur tersebut statusnya jalan nasional. Pihaknya sudah mengajukan ke balai pengelola transportasi darat provinsi Jatim.

”Dari batas Nguling sampai Banjarsari Sumberasih itu ada sekitar 35 titik PJU solar cell yang akinya hilang. Kami sudah mengajukan, belum tahu berapa yang dipenuhi nantinya,” terangnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU