alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Pakai Huruf Pegon, Kiai Nawawi Tulis Maklumat Dukung Gus Ipul

PENGASUH Pondok Pesantren Sidogiri K.H. Nawawi Abdul Djalil mengeluarkan maklumat terkait Pilwali Pasuruan 2020. Maklumat itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Pasuruan, simpatisan, serta alumni Pesantren Sidogiri.

Melalui maklumatnya, Kiai Nawawi mengajak masyarakat memperjuangkan kemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Saifullah Yusuf-Adi Wibowo. Dalam maklumat yang ditulis tangan menggunakan aksara Arab pegon itu, Kiai Nawawi juga membubuhkan tanda tangannya.

“Mengimbau seluruh warga Kota Pasuruan dan simpatisan dan alumni santri Sidogiri, untuk milih dan mencoblos, serta memperjuangkan kemenangan pasangan calon nomor 1, Gus Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo dalam pemilihan Wali Kota Pasuruan tahun 2020,” demikian petikan maklumat.

Kiai Nawawi juga meminta putranya, K.H. Kholil Nawawi atau Gus Kholil, memotret maklumat itu guna disebarkan kepada seluruh alumni Sidogiri di Kota Pasuruan. Serta, diserahkan langsung kepada Gus Ipul yang sowan ke kediamannya, Jumat (27/11) lalu.

Gus Ipul mengaku bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dari Kiai Nawawi. Dukungan ini membuatnya dan Adi Wibowo makin bersemangat mengabdikan diri demi kemajuan Kota Pasuruan. “Saya selalu ikut kiai. Apalagi saya ini juga santri yang dibimbing langsung oleh Kiai Nawawi, selama lebih dari 10 tahun terakhir,” ujarnya.

Gus Kholil membenarkan maklumat yang dikeluarkan ayahnya. Katanya, Kiai Nawawi selalu mendukung ikhtiar Gus Ipul dalam menyejahterakan masyarakat melalui jalur politik. “Memang Abah (Kiai Nawawi) ndak pernah berubah dukungan kok dari Gus Ipul,” ujarnya.

Ketika Gus Ipul mencalonkan diri pada Pilgub 2018, Kiai Nawawi juga mendukungnya. “Selalu Gus Ipul dari dulu. Karena Gus Ipul memang sudah dekat dengan Abah. Sepak terjangnya juga sudah mengetahui,” ujar Gus Kholil.

Ia juga menanggapi adanya surat pernyataan dukungan dengan atas nama Kiai Nawawi dan Kiai Abdulloh Siroj kepada pasangan calon nomor urut 2, Raharto Teno Prasetyo-M Hasjim Asjari, beberapa waktu lalu. Surat yang juga ditulis tangan itu, kata Gus Kholil, bukan ditulis langsung Kiai Nawawi. “Mungkin itu tulisan Kiai Abdulloh, terus minta persetujuan Abah. Tapi kalau masalah dukungan dari dalam hati, ya tetap ke Gus Ipul,” ujar Gus Kholil. (tom/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU