10 Staf Bawaslu Kota Probolinggo Dievaluasi

MAYANGAN, Radar Bromo – Pemahaman staf Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo terhadap kinerja dan peraturan-peraturan Bawaslu, dievaluasi. Evaluasi ini dilakukan serentak secara nasional melalui computer assited test (CAT). Namun, evaluasi ini khusus staf non-PNS.

“Untuk Bawaslu kota/kabupaten semuanya melakukan seretak hari ini (kemarin). Proses evaluasinya melalui CAT,” ujar Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Azam Fikri.

Azam mengatakan, para staf itu diuji kompetensinya tentang tugas-tugas Bawaslu dalam pengawasan. Termasuk, untuk memahami peraturan-peraturan di Bawaslu.

“Sebenarnya, evaluasi staf Bawaslu ini dilakukan dua tahap. Penilaian pertama dilakukan oleh koordinator divisi atau komisioner Bawaslu. Namun, penilaian ini juga rawan ada unsur suka atau tidak suka, maka dilakukan evaluasi melalui CAT ini,” ujarnya.

Azam mengungkapkan, jika penilaian pertama dari komisioner tinggi, sedangkan penilaian dari CAT tidak sesuai, maka ini bisa menjadi bahan evaluasi terhadap staf tersebut. “Begitu juga kalau misalnya penilaian dari komisioner terhadap kinerja staf tidak bagus, tapi dari hasil tes CAT tinggi, ini juga menjadi bahan evaluasi,” jelasnya.

Total ada 10 staf Bawaslu Kota Probolinggo yang mengikuti tes CAT. Hasilnya akan langsung diketahui oleh peserta. “Hasil penilaian juga akan disampaikan ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI,” ujar Azam. (put/rud)