Lebih Awal Jaring Bacawali, Tapi Kenapa Rekomendasi PDIP Belum Turun?

PASURUAN, Radar Bromo – Parpol yang mengawali pendaftaran bacawali di Kota Pasuruan belum menentukan figur yang bakal diusung dalam Pilwali. Sampai saat ini, PDI Perjuangan (PDIP) masih menunggu proses yang berjalan di tingkat DPP.

Sekretaris DPC PDIP Kota Pasuruan Teddy Armanto mengutarakan jika proses pendaftaran di DPC sudah selesai. Pihaknya juga telah menindaklanjutinya melalui mekanisme fit and proper test di tingkat DPD.

Ia menjelaskan, enam pendaftar bacawali dan bacawawali telah mengikuti tahapan yang berlangsung. Baik di DPC maupun di DPD. “Pada saat fit and proper test semua yang mendaftar hadir,” ungkap Teddy.

Selanjutnya, pihaknya menyerahkan kewenangan sepenuhnya berada di tangan DPP. Terutama berkaitan dengan siapa yang bakal mendapatkan rekomendasi dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

Kata Teddy, rekomendasi itu sebelumnya dijadwalkan turun Desember 2019 lalu. Namun, kemudian bergeser hingga awal tahun ini. Pihaknya juga belum dapat memastikan kapan rekomendasi itu dikeluarkan partai.

“Itu, sepenuhnya kewenangan DPP karena proses di DPC dan DPD sudah dilalui,” jelasnya.

Diperkirakan, rekomendasi itu akan diberikan akhir Januari. Pasalnya, PDIP sendiri tengah memiliki agenda internal dalam waktu dekat. “Tanggal 10 sampai 12 Januari besok ada Rakernas. Apakah surat tugas itu diberikan saat Rakernas atau setelahnya, kami belum tahu,” tandasnya.

Diketahui, enam pendaftar bacawali tersebut di antaranya ialah petahana Raharto Teno Prasetyo yang juga Ketua DPC PDIP. Kemudian Boedi Widayat, Teddy Armanto, Mukhammad Soleh, Mukhammad Hasan, dan Mukhammad Alimudin. (tom/fun)